DKPPP Kota Probolinggo Pastikan Kualitas Beras CBP Layak Konsumsi

0
76

Kanigaran,Sinar Pos – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertania dan Perikanan Aries Santoso, Kepala Dinsos P3A Rey Suwigtyo dan Camat Kanigaran Agus Rianto hadir pada Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk warga di wilayah Kecamatan  Kanigaran, Minggu (9/4) pagi. Penyaluran ini dilakukan serentak di semua kantor kelurahan di wilayah Kecamatan Kanigaran. Kecuali 1.405 warga Kelurahan Kanigaran penyalurannya dilakukan di pendapa Kecamatan Kanigaran.

Pemantauan penyaluran CBP ini pun mendapat perhatian khusus dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan setempat. Misalnya dari sisi kesiapan kesediaan pangan dan jenis atau kualitas beras yang diberikan. “Kualitas beras medium. Kemarin dari Bulog kita sudah cek kondisinya layak, kita pantau bersama teman-teman analis ketahanan pangan. Alhamdulillah sesuai dengan spek yang dibutuhkan penerima manfaat,” terang Aries.

Diakui olehnya yang merupakan salah satu Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), pihaknya telah melakukan survey bulan Ramadan terkait ketersediaan pangan di Kota Probolinggo untuk beberapa bulan ke depan. “Alhamdulillah, kondisi aman. Terutama untuk beras ini bebarengan atau sebagian beberapa daerah termasuk Kota Probolinggo sudah masuk masa panen. Paling tidak sudah ada potensi untuk ketersediaan di Kota Probolinggo,” urainya.

Terkait harga beras yang hingga saat ini masih tergolong agak naik dan untuk menekan laju inflasi dan menjangkau daya beli masyarakat, pihaknya telah melakukan beberapa upaya diantaranya seperti operasi pasar, gelar pangan murah dan saat ini penyaluran CBP.

Sementara itu, Camat Kanigaran Agus Rianto menitipkan pesan kepada warganya penerima manfaat beras medium dengan kemasan 10 kilogram itu. Di wilayah ini sebanyak 4744 warga menerima bantuan.  “Saya berharap memang dan ini juga harapan dari bapak wali kota yang sering disampaikan. Apabila bantuan beras yang didapat ini betul-betul dimanfaatkan untuk keluarga. Jangan sampai didapat dari sini langsung ke pasar (dijual) sehingga bisa membantu meringankan beban masyarakat dimana mendekati hari raya ini banyak harga-harga yang naik,” pesannya.

Tentu saja hal ini disambut baik dan penuh rasa syukur oleh salah satu penerima manfaat nomor antrian 53, warga Cangkring, Muhammad Yachya. “Ya untuk memenuhi kebutuhan keluarga, untuk tambahan,” ujarnya. Pendistribusian CBP di Kota Probolinggo dimulai sejak 8 April di Kecamatan Kademangan (4230 penerima), besok (10/4) CBP akan digelontorkan untuk warga di Kecamatan Kedopok. (SL / Hms)

beli 1 dapat 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here