Wujudkan Polri Peduli Linkungan Hidup Polsek Jetis Ajak Masyarakat Bersih Sampah

0
119

Mojokerto,  SINAR POS, Jajaran kepolisian tak hanya peduli terhadap warga namun juga peduli terhadap kebersihan lingkungan seperti yang terlihat dan dilakukan oleh personel Polri dari Polsek jetis beserta jajaran , Kamis (13/07/2023).

Dalam penyampaian Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Wiwit Adisatriya, SH, SIK, MT, melalui Kapolsek Jetis KOMPOL Sumaryanto S.H, mengatakan
Polri peduli Lingkungan Hidup yang dilakukan secara serentak seluruh Indonesia .

Pengertian kebersihan lingkungan dan cara menerapkannya penting untuk diketahui oleh semua orang.

Kebersihan lingkungan adalah aksi menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya.ujarnya

Dalam melakukan kegiatan tersebut Polri Bersama Kepala desa Kupang Andridi SH, Perangkat , kader desa ikut serta hadir dalam pelaksanaan ,masyarakat dan seteak holder terkait .

Kapolsek Jetis Sumaryanto mengatakan Untuk mengikuti dalam kegiatan Poli peduli lingkungan yang dilakukan secara serentak di seluh Indonesia, Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab setiap warga negara di wilayah tempat tinggalnya. Lingkungan yang bersih mencerminkan kualitas hidup masyarakat, dan juga menjamin terjaganya kesehatan masing-masing individu.tandas Sumaryanto

“Lebih lanjut Sumaryanto Aturan soal pengelolaan lingkungan hidup bahkan diatur dalam U No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam undang-undang tersebut berisi perencanaan upaya pelestarian lingkungan hidup sebagai fokus utamanya.

Dengan melakukan pencegahan-pencegahan seperti memelihara kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, BAB sembarangan, dan lain sebagianya, kita mampu untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut. Lingkungan yang bersih akan membuat kita hidup aman, nyaman, dan tetram.,”ujarnya

“Manfaat menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman, itulah salah satu hadits yang harus dijadikan pedoman oleh umat islam, dimana jika ingin beriman dia juga harus memelihara kebersihan. Lingkungan yang bersih adalah dambaan semua warga. Dengan bersih, mereka dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman. Kebersihan memiliki manfaat positif bagi mereka yang menjaganya, berikut 5 manfaat lingkungan yang bersih bagi masyarakat.

Untuk Terhindarnya dari Ancaman
Banjir adalah salah satu dampak buruk dari lingkungan yang tidak bersih. Penyebab banjir yaitu karena membuang sampah tidak pada tempatnya, yang mengakibatkan banyaknya sampah yang berserakan dimana-mana.

Sehingga ketika terjadi hujan, sampah tersebut akan diseret oleh air dan menutupi lubang selokan, yang mengakibatkan air tidak dapat mengalir dengan sempurna. Dengan begitu air akan menggenangi duatu jalan bahkan perumahan. Air akan surut beberapa waktu kemudian, ada yang hitungan jam bahkan ada yang hitungan hari,”terangnya

Dan Sangat seram bukan, jika tinggal di daerah rawan banjir. Kita akan kesulitan untuk melakukan aktivitas kita. Sebaliknya, dengan kebersihan kita mampu menghindari banjir tersebut.

Terhindar dari Penyakit Menular
Penyakit menular dampak lingkungan kotor adalah DBD, diare, dan tipes. Penyakit tersebut jika tidak diobati dengan benar akan berujung pada kematian. Banyak masyarakat yang takut terhadap ancaman, namun masih sedikit yang melakukan pencegahan terhadap faktor risiko penyakit tersebut. Hal ini yang mengakibatkan, masih banyaknya penyakit yang disebabkan karena lingkungan yang tidak bersih. Hanya kerugian yang kita dapatkan jika tidak menghindari penyakit tersebut.

Lingkungan Menjadi Lebih Rapi dan Nyaman Untuk di Tempati.
Ketika kita memperhatikan dan mengolah kawasan kumuh yang berada disuatu daerah, kita akan merasa tidak nyaman untuk memperhatikannya. Bukan hanya itu, mendekat saja kita merasa enggan. Karena bau yang ditimbulkannya. Seperti itulah penilaian orang terhadap lingkungan yang tidak bersih.

Orang akan memberi penilaian terhadap diri kita jika mereka melihat tampak luar dari diri kita, seperti kawasan yang ditempati. Agar orang atau tamu-tamu kita merasa tidak enggan untuk memasuki kawasan rumah kita, sebaiknya kita menjaga kebersihan lingkungan. Tidak sulit untuk memulainya, hanya dengan membuang sampah pada tempatnya terlebih dahulu. Dengan begitu lingkungan kita akan menjadi lebih rapi dan nyaman untuk dilihat.

Meningkatkan Kesehatan Jasmani dan Rohani Kebersihan adalah modal utama kesehatan jasmani dan rohani. Terdapat kutipan dari puisi Satire yang ditulis indah oleh Decimus Iunius Iuvenalis, seorang penyair dan filosofi Romawi yang berbunyi “Mens Sana In Corpore Sano” atau yang berarti, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.Kapolsek Jetis Kompol Sumaryanto SH menegaskan bahwa manfaat budaya bersih sebuah bangsa mencerminkan kemajuan berpikir bangsa tersebut.

Sudut pandang bersih yang sederhana berasal dari rumah kita sendiri. Rumah yang bersih akan mendatangkan energi ketenangan dan kekuatan serta kesehatan, baik itu sehat jasmani maupun rohani.

Memelihara Polri Kontribusi dengan Masyarakat dapat Memepelihara lingkungan yang bersih akan memberikan energi positif pada hati kita. Dimana kita akan menularkan energi positif kita kepada lawan bicara kita. Nah, dengan begitu kita akan semakin akrab dengan tetangga-tetangga kita,” ujar kompol Sumayanto(ifa)

beli 1 dapat 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here