“Bersih Dusun”, Dsn.Slempit Gelar Sedekah Bumi Dan Pagelaran Ludruk “Karya Baru”

0
388

GRESIK, SINAR POS, Tradisi sedekah bumi yang merupakan warisan leluhur, hingga kini masih dipertahankan di beberapa desa di wilayah Kabupaten Gresik Seperti Dusun Slempit Desa Slempit Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik , Jawa Timur.

Acara bersih Dusun tersebut digelar untuk “nguri-uri” sejarah atas perjuangan dan rasa syukur masyarakat atas hasil bumi karena sebagian besar masyarakat desa adalah petani. “Amardi tandurane” hasil bumi yang meningkat lebih banyak sehingga rasa syukur masyarakat Dusun Slampit diwujudkan dengan acara sedekah bumi dan pagelaran Ludruk Karya Baru, pada  jumat sore 18/5/2023

Ketua panitia Supriadi, dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yangbturit hadir dalam sedekah bumi Dusun Slempit.

” Maturnuwun saget menghadiri undangan panitia sedekah bumi dusun Slempit. sedekah ini mugi-mugi sedekah jenengan sedoyo diparingi Rohmat saking Allah SWT, kita doakan amalan dengan tetap kita limpahkan kepada nabi besar muhammad SAW, “ujarnya

“Saya juga trimakasih atas swadaya panjenengan sedoyo yang mana berupa pikiran maupun materi, ini pun harus swadaya. sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan bersih desa atau Sedekah bumi yang insya Allah tadi malam sudah dilaksanakan yaitu kegiatan pagelaran Kuda lumping ,Alhamdulillah kegiatan aman dan lancar. untuk kegiatan berikutnya adalah kesenian yang insya Allah nanti malam dilaksanakan gebyar ludruk “karya baru,” untuk selanjutnya tanggal 21 hari Minggu wonten penutupan pengajian umum insyaallah penceramahnya bapak KH. Abdul Aziz saking Gresik, ” tambahnya.

“Seluruh rangkaian acara baik kuda lumping ,ludruk, pengajian meniko termasuk partisipasi masyarakat kami sebagai panitia sedekah bumi dan rekan-rekan , mengucapkan terima kasih atas partisipasi jenengan termasuk warga Dusun Slempit baik kebutuhan gunting bedukan, masyarakat desa Slempit. sedekah bumi begitu termasuk bentuk rasa syukur kita, “‘,lanjut Supriadi.

Sementara Kepala Desa Slempit SUYITNO, juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang hadir sehingga bisa melaksanakan acara sedekah bumi Dusun Slempit,

“Mudah-mudahan acara sedekah bumi dusun Slempit Desa Slempit ini mendapat Ridha saking Allah SWT. mudah-mudahan acara sedekah dusun Slempit ini atau Sedekah bumi ini bisa membawa berkah manfaat bagi kulo lan panjenengan sedoyo acara Sedekah bumi ini adalah acara bentuk rasa syukur kulo lan panjenengan sedoyo atas segala limpahan rezeki , kesehatan rezeki berupa hasil panen ,mudah-mudahan sedekah bumi ini saget mendapat rezeki yang lebih banyak lagi,” ungkapnya.

“Kami atas nama pemerintahan desa Slempit mengucapkan matursuwun seluruh warga masyarakat desa Slempit serta panitia penyelenggara Sedekah bumi ,” pungkas Suyitno (Hadi)

beli 1 dapat 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here