Penyaluran BLT-DD Tahun 2021 Desa Pepe

0
52

Sidoarjo-Sinar Pos

Pemerintah Desa Pepe Kec. Sedati kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa( BLT-DD ) tahap lanjutan anggaran tahun 2021. BLT- DD lanjutan tahap pertama pada tahun 2021 ini yang akan disalurkan untuk bulan Januari, Februari dan Maret dengan besaran dana Rp 300 ribu/bulan/KPM.

Pelaksanaan penyaluran BLT-DD dilaksanakan pada hari Rabu, (21/4) di balai desa Pepe dengan mematuhi protokol kesehatan guna pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19.

Pemerintah desa Pepe menyalurkan BLT-DD sebanyak 97 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah tersebut sesuai dengan hasil pendataan KPM yang diperoleh dari musyawarah dari tingkat RT/RW untuk kemudian ditetapkan di tingkat desa dan mengacu sesuai aturan yang berlaku.

Adapaun penentuan penerima BLT-DD didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik melalui PKH, BPNT, KKS, maupun program bansos lain. Kriteria tersebut ditetapkan agar memudahkan pendataan calon KPM agar tidak menerima bantuan ganda yang bersumber dari pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan.

Penyaluran BLT-DD dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti mempersiapkan tempat duduk berjarak agar tidak terjadi kerumunan, mencuci tangan, serta mengenakan masker.

Sebagai syarat penggambilan BLT, penerima diharuskan membawa surat undangan, fotokopi serta KTP dan KK asli untuk mengecek warga yang datang adalah benar-benar KPM yang sudah ditentukan. Masing-masing KPM menerima bantuan sejumlah Rp. 900.000,- untuk tiga bulan yakni bulan Januari, Februari dan Maret yang bersumber dari Dana Desa.

Pemerintah Desa Pepe berharap dengan adanya BLT-DD ini dapat memberikan sedikit dukungan kepada warga dalam menjalani hidup ditengah Pandemi Covid-19.

Kepala Desa Pepe Moh. Yasir,SH dalam kesempatan ini berpesan agar dana yang diberikan dari BLT-DD ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.
” Tujuannya untuk memberikan kesejahteraan di masa pandemi covid-19. Kami berharap penerima bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (Awi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here