Destinasi Wisata Kab. Kediri Diuji Coba Buka, Terapkan Prokes Ketat

0
170
KEDIRI, SINAR POS – Sudah lebih dari satu tahun seluruh wisata di Kabupaten Kediri tutup total dikarenakan pandemi covid 19. Hal tersebut sangat berdampak pada perekonomian warga yang menggantungkan hidup pada sektor pariwisata. Hari ini, Sabtu 10 April 2021, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, BPBD, Dinas Kesehatan dengan didampingi oleh pihak TNI Polri melaksanakan uji coba pembukaan obyek wisata.
Terdapat tiga lokasi wisata yang hari ini serentak dilaksanakan uji coba yaitu wisata Gunung Kelud, Wisata Besuki dan Sumber Podang. Ketiga tempat wisata tersebut merupakan wisata andalan yang paling banyak pengunjungnya.
Untuk membuka tempat wisata pada masa pandemi sekarang ini memang sangat dibutuhkan kehati-hatian dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari petugas obyek sampai para pengunjung harus taat pada peraturan.
Petugas harus memakai masker, faceshield, sarung tangan demi mencegah penularan. Begitu juga pengunjung yang masuk wajib pakai masker, diukur suhu tubuhnya, mencuci tangan dan menjaga jarak. Petugas obyek juga tak henti-hentinya memberikan sosialisasi kepada warga untuk mentaati peraturan selama berada di lokasi wisata, baik imbauan langsung atau melalui pengeras suara.
Di Kawasan Wisata Gunung Kelud, petugas meninjau kesiapan para ojek wisata  dan warung-warung makan untuk  mendukung kelancaran uji coba pembukaan wisata. Setiap warung wajib menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitazer, sedangkan untuk tukang ojek juga harus menerapkan protokol kesehatan.
Ditemui usai meninjau loket masuk hingga kawah Kelud, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Ir. Adi Suwignyo M.Si mengatakan uji coba  ini merupakan awal dibukanya wisata yang ada di Kabupaten Kediri. Pihaknya  telah menyiapkan sarana dan prasana yang menunjang protokol kesehatan.
“Walaupun hari ini masih coba, namun kita harus serius dalam menjalankannya. Nantinya satuan tugas covid-19 akan melaksanakan evaluasi terkait uji coba pembukaan wisata. Tidak hanya pada hari ini saja, namun secara berkelanjutan sampai beberapa hari kedepan akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi,” katanya.
Ia menambahkan, uji coba yang dilaksanakan sudah cukup baik, petugas sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Nantinya jika ada pengunjung yang terindikasi suhu tubuhnya tinggi akan ditempatkan di ruang isolasi dan petugas dari Dinas Kesehatan akan mengecek kondisinya.
Plt. Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh Disparbud. Pihaknya akan melakukan evaluasi secara berkelanjutan sampai nanti ada pemberitahuan dari pemerintah daerah untuk membuka secara resmi seluruh wisata yang ada di Kabupaten Kediri.
“Setiap minggu kami selalu adakan evaluasi secara berkelanjutan, khusus untuk pembukaan pariwisata akan kami evaluasi harian maupun melalui telepon dan sarana lainnya. Pertimbangan uji coba sudah melalui mekanisme yang ketat dan melibatkan semua pihak. Lagi pula kasus covid-19 di Kabupaten Kediri grafiknya juga sudah cenderung landai,” pungkasnya. (AD/KM/LH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here