Pemerintah Desa Kragan Bagikan BLT DD Tahun Anggaran 2021

0
57

Sidoarjo-Sinar Pos

Sebanyak 48 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari masyarakat miskin, penerima bantuan datang hadir memadati Balai desa Kragan, Kecamatan Gedangan, pada Selasa, (6/4/2021).

Pada tahun ini penerima KPM mengalami pengurangan dari tahun sebelumnya, yakni dari 108 KPM kini menjadi 48 KPM. Hal ini sesuai dengan anjuran Kementerian Desa bahwa prioritas BLT DD diperuntukkan bagi masyarakat yang benar-benar miskin dan masuk kedalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kemensos RI.

Hal ini dikuatkan juga dalam forum musyawarah desa khusus, yang dihadiri pengurus RT/RW yang ada di wilayah Desa Kragan dan sudah di lakukan screaning awal siapa saja calon penerima BLT DD tahun anggaran 2021.

Dan hasilnya adalah ada 48 KPM yang tersisa, yang memenuhi kriteria sesuai anjuran baik oleh kemendes maupun kemensos RI.

BLT-DD tahap lanjutan yang disalurkan ini yakni jatah untuk bulan Januari-Februari yang diambilkan dari anggaran Dana Desa tahun 2021. Besaran dana yang disalurkan Rp 300 ribu/bulan/KPM. Nominal tersebut lebih rendah dari BLT tahun sebelumnya yang diberikan yakni Rp 600ribu/bulan/KPM.

Masing-masing KPM menerima uang tunai sebesar Rp 600ribu karena penyaluran BLT ini untuk 2 bulan Januari-Februari dan ini akan berlanjut pada bulan-bulan berikutnya.

Saat pengambilan BLT, setiap KPM yang hadir diwajibkan mengenakan masker, dan datang sendiri sesuai dengan undangan yang telah diedarkan dan membawa persyaratan foto kopi KTP/KK serta KTP Asli .

Kepala Desa Kragan Junaidi dalam kesempatan ini berpesan agar dana bantuan yang diberikan dari BLT DD ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Meskipun mengalami pengurangan, namun tidak mengurangi esensi dari pemberian bantuan tersebut karena prioritas warga miskin sudah dilakukan.

“Adanya pemerintah memberikan bantuan berlanjut pada tahun 2021 ini, adalah untuk membantu masyarakat miskin yang terdampak akibat pandemi covid 19 ini. Sekaligus sebagai stimulus ekonomi, agar perekonomian masyarakat dapat terbantu.” Ungkap Junaidi.

Dengan berpedoman pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dan tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan 5 M ( Menjaga jarak, Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menghindari kerumunan dan Membatasi mobilitas) kegiatan Penyaluran BLT-DD tahun 2021 ini berjalan dengan lancar dan tertib. (Awi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here