WAKAPOLDA PAPUA PIMPIN ACARA SYUKURAN PEMBUATAN FILM LAYAR LEBAR “SI TIKAM POLISI NOKEN”

0
40

Jayapura, Sinar Pos

Minggu 24 Januari, Pada hari Sabtu Tanggal 24 Januari 2021, bertempat di Lokasi Pasar Baru Entrop Distrik Jayapura Selatan telah dilaksanakan acara syukuran pembuatan film layar lebar “Si Tikam Polisi Noken”

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Wakapolda Papua Brigjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.IK., Irwasda Polda Papua, Kombes Pol Alfred Papare, S.I.K., Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Ade Djaja Subagdja, S.IK, Asintel Danlantamal X, Kolonel Mar. Marthin Luther Ginting, M.Tr. HANLA, Kadispers Lanud Silaspapare, Kolonel Adm Sunu Sugestino, Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Letnan Kolonel Arm Reza Nur Patria, Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Gustav R. Urbinas, Kapolres Jayapura Drs. Victor D. Mackbon, Asisten II Kota Jayapura Drs. Muhamad Nurjainudin Konu, M.KP, Wadan Yonif 751/Rider, Mayor Inf. Eko Yudho Priyono Gentur Putro, Sos, Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Papua (PGGP) Pdt. MPA. Mauri, S.Th dan Ketua Majelis Muslim Papua (MMP) Thaha Al Hamid.

Karo SDM Polda Papua dalam kesempatanya mengatakan, kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan karena perkenannya sehingga ditengah massa Pandemi seperti saat ini kita masih diberikan kesempatan untuk bertatap muka meskipun dalam kondisi terbatas dengan diberlakukannya protokol kesehatan kita dapat hadir dalam Acara Syukuran Pembuatan Film Si Tikam Polisi Noken.

Selaku sutradara kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Provinsi Papua, Kapolda Papua, Pangdam XVII /Cenderawasih, Sekda Provinsi Papua, Walikota Jayapura dan Pejabat Pemerintahan Provinsi Papua yang telah membantu kelancaran pelaksanaan pembuatan film serta para Sponsor, Para Kapolres dan pihak-pihak terkait yang sudah ikut andil dalam pembuatan film.

Pembuatan Film SI Tikam Polisi Noken merupakan trobosan kreatif dan inovasi Polda Papua yang bertujuan sebagai upaya ikut mempromosikan Budaya Papua khususnya yang ada di pegunungan.

Film ini mendapat apresiasi dari Mabes Polri sebagai wujud dan rasa kebanggaan bagi masyarakat Papua khususnya Polda Papua, dimana film ini sudah di rancang 2 (dua) tahun yang lalu yang mengangkat budaya dan adat istiadat masyarakat Papua serta sinegritas TNI / Polri, dalam pembuatan film ini menghabiskan dana lebih 1 milyar yang didukung oleh para sponsor, para Kapolres dan pengusaha.

Pembuatan film ini melalui tahapan casting, dari casting ternyata banyak Anggota Polri yang memiliki bakat serta kemampuan baik acting dan bela diri, pembuatan film judul Si Tikam Polisi Noken diangkat dari kisah nyata perang suku dan mengangkat Anak Asli Papua menjadi anggota Polri sejati.

Untuk menjadi Polisi Noken diperlukan 3 hal yakni Loyalitas, Kejujuran dan Kesetiaan, kami mengajak semua pihak untuk mensukseskan keberhasilan Film Layar lebar Produksi Polda Papua dengan judul “Si Tikam Polisi Noken”.

Pembentukan Bintara Noken yang pada tahun 2020 mendapatkan apresiasi baik dari Mabes Polri, masyarakat dan Pemerintah Daerah, yang pernah kita lihat dan pernah kita ingat kita pernah melakukan penerimaan Polisi Bintara Otsus namun kurang berhasil dan hampir 65% mereka dipecat, kemarin kita uji coba pembentukan Bintara Noken sebanyak 274 orang dengan berbagai kemampuan dan talenta mereka mendapatkan apresiasi dan dukungan sehingga kedepan kita akan melakukan Rekrutmen Penerimaan Bintara Noken sebanyak 2000 orang.

Wakapolda Papua dalam kesempatanya mengatakan, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pandemi ini telah ditetapkan sebagai bencana nasional dan saat ini penyebaran virus Corona (Covid-19) telah melanda hampir 290 negara termasuk Indonesia bahkan di Papua yang mana penyebarannya terus bertambah dan telah muncul varian baru virus corona.

Hal ini menjadi masa-masa yang berat dan sulit bagi kehidupan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali di Papua karena Covid-19 telah berdampak pada seluruh sendi-sendi kehidupan manusia, namun kita patut bersyukur Polri khususnya Polda Papua tetap eksis dengan menyelenggarakan preventif dan kegiatan preemtif penegakan hukum serta membuat berbagai terobosan kreatif dan inovasi-inovasi lainnya salah satunya pembuatan film Si Tikam Polisi Noken.

Mabes Polri memberikan apresiasi kepada Polda Papua Untuk Tahun 2021 penerimaan bintara noken sebanyak 2000 orang untuk menjaring anak-anak Papua menjadi anggota Polisi. Film layar lebar produksi Polda Papua ini bertujuan untuk mempromosikan budaya Papua khususnya yang ada di pegunungan yang dikelilingi oleh hutan dan lembah serta adat istiadatnya yang begitu unik dan mengangkat anak-anak dan generasi muda Papua untuk maju dan menggali potensi yang ada pada diri sendiri dengan menjadi Abdi Negara.

Pembuatan film layar lebar ini, peran Si Tikam sebagai pemeran utama diperankan oleh siswa Bintara Noken Polri yang ini pembelajaran jarak jauh, dimana Si Tikam diasuh oleh seorang prajurit TNI AD yang diperankan oleh anggota Polda Papua atas nama AKP Djadik sebagai pemeran Serma Yono.

Film layar lebar Si Tikam Polisi Noken ini terinspirasi dari kisah nyata dimana Polri mampu menyelesaikan perang suku yang mengedepankan Putra Asli dari pegunungan yang telah sukses menjadi abdi negara sebagai mediator dan melalui film ini diharapkan dapat mengangkat adat istiadat dan budaya yang ada di Papua khususnya di daerah pegunungan.

Kami sampaikan dalam pembuatan film layar lebar ini, para pemain, crew dan tim yang terlibat dalam pelaksanaan pembuatan film layar lebar sudah melalui protokol kesehatan (Rapid Tes / Swab).

Pada kesempatan yang berbahagia tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur Provinsi Papua, Kodam XVII/Cenderawasih, Bapak Sekda, Bapak Walikota dan Pejabat Pemerintahan Provinsi Papua yang telah membantu kelancara pelaksanaan pembuatan film ini.

Nantinya pemutaran film layar lebar Si Tikam Polisi Noken akan ditayangkan di Bioskop XXI Jayapura dan serentak seluruh Indonesia, dimohon segenap jajaran di TNI-Polri, Pemprov. Papua Tokoh Adat Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat serta sponsor untuk mengajak keluarga, saudara dan rekan-rekan untuk menyaksikan penayangan film layar lebar Si Tikam Polisi Noken.

Kami sudah menyurat ke Kapolri dan Menteri Dalam Negeri berkenan untuk mendukung Produksi Film Layar Lebar Si Tikam Polisi Noken karya Polda Papua untuk dapat menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polri dan ASN, untuk menonton film layar lebar Si Tikam Polisi Noken kiranya berkenan juga untuk bapak Pangdam XVII/Cenderawasih dapat menfasilitasi kepada seluruh jajaran TNI beserta keluarga untuk menonton film layar lebar produksi Polda Papua dengan judul Si Tikam Polisi Noken.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan, kelancaran dalam pembuatan film produksi Polda Papua dengan judul Si Tikam Polisi Noken serta diberi kesehatan baik sutradara, Crew Film, pemain film serta tim kreatif dan yang terlibat dalam pembuatan film ini dan semoga menjadi kado spesial untuk berakhir nya Covid-19, tetaplah jaga kesehatan dan bersama kita berdoa semoga pandemi Virus Corona ini dapat segera berakhir.

Kegiatan dilanjutkan dengan Prosesi Pemotongan tumpeng oleh Wakapolda Papua didampingi Irwasda Polda Papua dan diakhir dengan ramah tamah.( Farid Rizal )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here