Tim Yustisi Tindak Belasan Pelanggar Tidak Pakai Masker

0
44

Bali, Sinar Pos

Tim gabungan terdiri dari Polres Bangli, Satpol PP, TNI, dan Dinas Perhubungan (Dishub) kembali melaksakan razia pengenaan masker di Bangli, Selasa (6/10/2020). Kegiatan yang berlangsung selama dua jam mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 menyasar Pasar Singgamandawa, Kintamani, toko modern serta jalan protokol jurusan Kintamani-Singaraja.

Operasi dipimpin oleh Kanit Binkamsa Sat Bimmas Polres Bangli Iptu Anak Agung Made Suastika dengan melibatkan personel gabungan 43 personel. Hasilnya, menjaring 18 pelanggar. Rinciannya, dua orang tanpa memakai masker dan dikenakan sanksi denda masing-masing Rp 100 ribu. Sedangkan 16 orang salah penggunaan masker dikenakan sanksi peringatan lisan.

Iptu Suastika mengatakan, kegiatan operasi penegakan hukum bagi pelanggar protokol kesehatan covid 19 ini sesuai Peraturan Gubernur No. 46 tahun 2020 dan Peraturan Bupati No. 39 tahun 2020. Bertujuan, untuk lebih mendisiplinkan warga dalam mentaati prokes dan membiasakan memakai masker bagi perorangan dan memenuhi prokes pencegahan penyebaran covid 19 bagi pelaku usaha dan perorangan. “Penerapannya dengan dimulainya menerapkan sanksi yang tegas berupa pengenaan denda bagi pelanggar sesuai ketentuan. Pada intinya bukan seberapa banyak terjaring pelanggar atau pengenaan denda, namun lebih pada penyadaran masyarakat dalam new normal ini. Memulai membangkitkan perekonomian juga penting dan menjaga kesehatan juga jauh lebih penting apalagi sebaran penularan covid saat ini masih keras terjadi,”jelasnya.

Mereka yang tak memakai masker kebanyakan mengaku lupa dan tertinggal di rumahnya karena terburu-buru. Ada pula yang mengenakan masker sampai dagu mengaku sesak atau susah nafas jika pakai masker hingga menutupi mulut dan hidung.

Kegiatan ini dipastikan akan terus berlanjut di jalan dan tempat-tempat umum lainnya. “Harapannya dengan operasi ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga bisa meminimalisir jumlah penyebaran virus corona ini,”pangkasnya.(Ali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here