Pabung Kodim 0815/Mojokerto Bekali Para Danru Satlinmas

0
40

Mojokerto, – Menjelang pesta demokrasi Pilkada Kabupaten Mojokerto, Satpol PP Kabupaten Mojokerto menyelenggarakan kegiatan pembekalan bagi Komandan Regu (Danru) Pengamanan dari Satuan Linmas Desa/Kelurahan se-Kabupaten Mojokerto di Gedung Nuswantoro Universitas Islam Majapahit (UNIM) Jalan Raya Desa Gayaman Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (15/09/2020).

Kegiatan bertema “Pembekalan Komandan Regu Pengamanan dari Satuan Linmas Desa/Kelurahan se-Kab. Mojokerto Sebagai Petugas Pengamanan TPS, PPS Desa/Kelurahan dan PPK Kecamatan serta Logistik Pilkada Serentak untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto Tahun 2020’, menghadirkan beberapa nara sumber, dari TNI-Polri, KPUD dan Dinkes Kabupaten Mojokerto.

Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0815/Mojokerto Mayor Inf Nuriman Siswandi, salah satu Narsum dalam pembekalan tersebut, menjelaskan pentingnya deteksi dini dan cegah dini dengan melibatkan semua komponen masyarakat seperti tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang pelaksanaannya dilakukan secara terpadu dalam koordinasi Tiga Pilar Desa, yakni Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Dihadapan 100-an lebih para Danru Pengamanan Satlinmas tersebut, Pabung menegaskan, para Danru Linmas harus memiliki kemampuan untuk melakukan penanganan awal dan melokalisir kejadian atau peristiwa sehingga tidak berkembang. selanjutnya melaporkan ke pihak berwenang secara berjenjang melalui Tiga Pilar Desa.

Selain memiliki kemampuan deteksi dan cegah dini, para Danru Linmas dituntut harus memiliki kemampuan temu cepat dan lapor cepat bila ada peristiwa atau kejadian selanjutnya melaporkan kepada pihak berwenang secara berjenjang melalui Tiga Pilar Desa.

Pantauan di lapangan kegiatan pembekalan tersebut, dibuka oleh Bupati Mojokerto dan dihadiri Unsur Forkopimda, Kasatpol PP Kabupaten Mojokerto, Camat, Kapolsek dan Danpos Mojoanyar Letda Inf Sutopo serta undangan lainnya.(ifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here