Forkompinda Bangkalan Gelar Sosialisasi Inpres No.6/2020

0
128
BANGKALAN, MADURA JAWA TIMUR, JUM’AT (04/09/2020) SINARPOS.CO.ID – Bertempat di Gedung Rato Ebu Jl. A.Yani No.01, Kec./Kab. Bangkalan. Pemkab Bangkalan melaksanakan kegiatan Sosialisasi peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di Kab. Bangkalan, pada Kamis (03/09/2020) Sore.
Pelaksanaan yang digelar oleh Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron, dihadiri Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, S.I.K., M.Si., M.H., Dandim 0829 Bangkalan Letkol Kav. Ari Styawan Wibowo, S.Sos., Danlanal Batuporon Letkol (P) Dodi Hermanto, M.Tr. Hanla, Ketua DPRD Kab. Bangkalan H. Muhammad Fahad, Kejari Bangkalan Emanuel Ahmad, S.H., Wakil Bupati Bangkalan Drs. Mohni, M.M., Sekda Bangkalan Taufan Zairinjah, Wakapolres Bangkalan Kompol Deky Hermansyah, S.H., M.H., Kasdim 0829 Bangkalan Mayor Infantri Mahfud Rofii, S.E., Asisten I Pemerintahan Bangkalan Siswo Iriyanto, S.H, M.M., Kabag Ops Polres Bangkalan AKP I Made Widyana, S.I.K., Kepala OPD Kab. Bangkalan, Camat Bangkalan Cicik Fidiah, S.E., Danramil Kota beserta Anggota, Kepala Desa se Kec. Bangkalan, Toga dan Tomas di Kec. Bangkalan dan Pelaku Usaha di Kec. Bangkalan.
“Kegiatan sosialisasi ini sebagai salah satu bentuk implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, ditindaklanjuti oleh Gubernur Jatim dan Bupati Bangkalan,” ungkap Bupati R. Abdul Latif Amin Imron.
Kepatuhan masyarakat terhadap kewajiban penggunaan masker masih sangat rendah. Hal tersebut dilihat dari masih banyaknya warga yang belum memahami aturan tersebut. Masyarakat menganggap istilah new normal dengan arti kehidupan kembali seperti semula saat belum adanya virus Covid-19.
“Perlu diketahui bersama hingga hari ini di Bangkalan sebanyak 423 orang positif Covid dan 55 orang meninggal Dunia akibat Covid 19,” ucap R. Abdul Latif Amin Imron.
Tenaga Medis yang meninggal dunia karena Covid 19, ada 100 orang dan di Bangkalan terdapat 1 keluarga meninggal Dunia. Covid 19, adalah krisis kesehatan apabila tidak bisa mengelola dengan baik akan berdampak pada krisis sosial, krisis keamanan, krisis politik di Indonesia maka kita harus sepakat bahwa Covid 19 ini masih ada sehingga kita bisa berupaya untuk mencegah pernyebarannya.
Hal tersebut menjadi tantangan bagi petugas untuk selalu memberikan himbauan dan pemahaman tentang protokol kesehatan dalam menjalankan kehidupan normal dengan tatanan baru.
“Dan hal tersebut juga menjadi keprihatinan tersendiri dikarenakan ditengah pandemi Covid-19 yang hingga saat sekarang ini belum ada tanda-tanda akan segera berakhir masyarakat masih mengabaikan protokol kesehatan. Sejatinya protokol kesehatan tersebut adalah satu satunya cara untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di masyarakat,” pungkas R. Abdul Latif Amin Imron,
Sementara itu Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, S.I.K., M.Si., M.H., menjelaskan, satgas covid telah dilaksnakan setiap malam dan telah dikeluarkan sanksi ditempat bagi yang melanggar yaitu dengan cara memberikan tindakan sikap Push-Up dan mengucapkan Pancasila serta menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Penanganan Covid dalam tubuh polri ada 2 yaitu :1. Mendukung secara penuh peraturan kepala daerah untuk mencegah penyebaran Covid-19, 2. Bersama TNI dan staikholder untuk melaksanakan patroli serta melakukan pembinaan dan penegakan hukum,” ungkap Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, S.I.K., M.Si.
Pihaknya juga mengatakan, tugas kami bersma TNI melakukan penegakan hukum dalam 3 minggu terakhir hanya tindakan sosial namun mulai besok akan diterapkan sanksi dengan kerja sosial mulai dari membersihkan Makam, Masjid dan Alun2 Kab. Bangkalan.
“Apabila masih melanggar akan kami berlakukan sanksi denda dan proses hukum,” kata Alumnus Akpol Tahun 2001 itu.
Perlu peran kita semua jangan hanya mengandalkan TNI-POLRI namun semua Staikholder juga berperan aktif jadi setiap kantor ada tim khusus penegak protokol kesehatan
“Dan apabila semua terlibat dan mengawasi insyallah covid di kab. Bangkalan akan teratasi,” harapnya.
Kapolres juga mengajak seluruh undangan untuk menggelorakan budaya pakai masker sehingga laju perkembangan covid 19 di Kab. Bangkalan bisa menurun. (Rosi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here