Abaikan Protokol Kesehatan, Pelanggar Disuruh Nyanyi Dan Menyapu

0
579
SURABAYA, SINARPOS.CO.ID – Ditengah-tengah ancaman virus corona (Covid-19) saat ini, nampaknya tak membuat masyarakat sadar untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.
Mereka terlihat masih mengabaikan imbauan untuk selalu memakai masker, seperti yang terlihat di Jl. Iskandar Muda, Surabaya.
Puluhan warga masih terjaring operasi masker yang dilakukan pegawai Kecamatan Semampir selama tiga hari ini.
Alasannya pun beragam, ada yang karena jarak rumahnya dekat, lupa, di kantongin dan lain sebagainya.
Seperti yang di ketahui saat Staf Perekonomian Kecamatan Semampir Yuliana Chandra menghentikan pengguna motor yang tidak memakai masker mengatakan, pihaknya tak henti-hentinya melakukan operasi kedisiplinan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu memakai masker.
“Pagi kita bersama pegawai Kecamatan Semampir melakukan operasi masker di Jl. Iskandar Muda hasilnya puluhan orang masih terjaring,” katanya, Jum’at (17/07/2020).
Akibatnya, mereka harus dikenakan sanksi sosial berupa menyanyikan lagu kebangsaan, menghafalkan Pancasila dan ada pula warga masyarakat yang memilih untuk membersikan di area Kecamatan Semampir dengan cara menyapu.
“Kita suruh nyanyi saja. Setelah itu kita beri masker dan edukasi. Harapannya mereka sadar. Mereka juga ada yang memilih untuk membersihkan area Kecamatan Semampir,” ucapnya.
Ia mengungkapkan, pelanggar masih didominasi oleh masyarakat sekitar,” ungkapnya.
Menurut dia, masyarakat banyak yang salah kaprah dalam mengartikan new normal. Mereka menganggap bahwa setelah new normal bisa bebas melakukan aktivitas di luar rumah.
“Mereka beranggapan sudah bebas. Padahal kan kita masih harus menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan wajib memakai masker,” katanya. (Rosi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here