PELATIHAN PEMULASARAAN JENAZAH COVID 19 DI KAMPUNG TANGGUH DESA DANGUK

0
96

Ngawi, Sinar Pos
Jumlah kasus terpapar positif Virus Corona atau Covid-19 semakin hari semakin bertambah terutama dikabupaten Ngawi.

Untuk mengantisipasi penanganan jenazah yang meninggal dunia akibat Covid-19,maka Puskesmas Karangjati memberikan pelatihan tata cara pemulasaraan jenazah pada masa pandemi Covid-19.

Acara yang diikuti oleh Babinsa,Babinkamtibmas,Relawan dan Aparat desa ini digelar di Aula Desa Danguk Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi,Kamis 10/07/2020.

Dalam pelatihan ini dipaparkan bagaimana cara dalam penanganan terhadap seorang jenazah yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Hadi Sudarno selaku Kepala Desa Danguk dan Relawan mengatan,hari ini pihaknya melaksanakan kegiatan pelatihan pemulasaraan jenazah pada masa pandemi Covid-19.kegiatan ini ditujukan kepada Babinsa,Babinkamtibmas,relawan dan aparat desa yang ada di “Kampung Tangguh Desa Danguk”.

“Tujuan kegiatan ini diharapkan Babinsa,Babinkamtibmas,relawan dan aparat desa yang ada di Desa Danguk memiliki kemampuan untuk pemulasaraan jenazah.selain itu kami memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan jenazah yang saat ini dilaksanakan dibeberapa Rumah Sakit,dan diharapkan tidak ada penolakan jenazah yang dimakamkan”,ungkapnya.

Kedepan jika ada masyarakat yang meninggal dunia karena Covid-19 didesa Danguk nantinya bisa diselesaikan oleh tim dari desa dengan standar protokol kesehatan Covid-19,ungkap narasumber dari Puskesmas Karangjati.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan warga bisa mengerti saat ada pemulasaraan jenazah.pasalnya sebelum dimakamkan,penanganan jenazah bagi warga yang terpapar Covid-19 sudah sesuai dengan protokol yang ada dan di tangani oleh tim medis dan menggunakan Alat Pelindung Diri(APD) selama pemulasaraan,tutup Kades Danguk.(No3r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here