JAMASAN PUSAKA DENGAN SAJIAN BERBEDA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

0
60

Ngawi, Sinar Pos
Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga(Disparpora) Ngawi menggelar Jamasan Pusaka untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Ngawi yang ke-662.acara sakral tahunan ini digelar di Pendopo Wedya Graha pada senin 06/07/2020.
Acara ini diikuti oleh Bupati Ngawi,Wakil Bupati Ngawi,beserta jajaran Forum Pimpinan Komonikasi Daerah(Forkopinda) Ngawi yang berpakaian seragam khusus kejawen beserta pasanganya.

Jamasan Pusaka merupakan warisan budaya yang turun temurun dari para leluhur yang harus dilestarikan.Pusaka yang dimiliki oleh Kabupaten Ngawi sangat sakral erat kaitanya dengan awal berdirinya sejak ratusan tahun yang lalu dan Jamasan Pusaka ini meliputi “dua buah tombak kyai singkir dan kyai songgolangit serta dua payung tunggul wulung dan tunggul warono”.yang dilakukan oleh para sesepuh dipimpin langsung oleh Subandi.

Ditengah pandemi Covid-19 perayaan ini tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan dan para tamu undangan pun datang langsung mencuci tangan,menggunakan topeng,menggunakan masker,dan sarung tangan serta memegang pemeriksaan suhu tubuh.

“Untuk acara Jamasan Pusaka dan malam tirakatan tetap dengan protokol kesehatan yang ketat”,ungkap PLT Kepala Bidang Kebudayaan Disparpora Ngawi,Suyanto.
Budi Sulistyono atau akrab disapa kanang mengatakan ritual jamasan pusaka ini tidak bisa dilepaskan dengan sejarah awal berdirinya Kabupaten Ngawi,dengan demikian ritual seperti yang kita lakukan sekarang ini keberadaanya harus dilestarikan supaya generasi penerus nantinya akan tahu makna yang terkandung didalamnya.

“Pusaka ini setiap tahun menjelang Hari Jadi selalu kita disucikan atau dijamas.dan ditengah pandemi ini protokol kesehatan tetap dijalankan,kewajiban kita menjaga tradisi tetap terjaga”, tutup Bupati Ngawi.
Dalam Jamasan Pusaka ini juga disajikan tari tarian khas Kabupaten Ngawi yang punya makna sejarah khusus.seluruh rangkaian acara menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.(Disparpora/No3r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here