Warga Tuntut Keadilan Penyaluran Bantuan Sosial, Puluhan Warga Desa Corogo Datangi Balai Desa.

0
411

SINAR POS, Jombang. 6/6/2020. Puluhan warga Dusun, Corogo, Desa, Janti, Kecamatan, Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mendatangi Kantor Desa setempat, Mereka tak terima namannya tidak tercantum dalam data penerima Bansos (Bantuan Sosial), kendati mereka menggaku sebagai warga terdampak Covid 19, mereka sama sekali tidak menerima Bansos yang digulirkan, baik dari BLT DD, Pemkab Jombang, Kementrian Sosial, maupun Propinsi Jawa Timur.

Salah satu warga Dusun, Corogo RT.03.RW.08. Maskur, saat ditemui, Sinar Pos yang di dampingi Tim Devisi Investigasi LSM GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia) JOMBANG mengatakan, kedatangan puluhan warga di Kantor Desa setempat, karena lantaran warga geram, jengkel dan marah karena terkait pembagian Bansos yang dinilai tidak merata.
Dan rata-rata warga yang datang hari ini yang benar-benar layak mendapatkan bantuan akan tetapi hingga saat ini tidak dapat bantuan apa-apa, ungkapnya.

Dan masih menurut warga, dalam pendataan dari pihak RT dan RW juga Kepala Dusun, tidak dilibatkan maka dalam hal ini muncul masalah banyak data yang amburadul dan carut marut, karena dianggap oleh warga bantuan Bansos tersebut tidak tepat sasaran.

Contohnya Dusun, Corogo, RT.01 sampai, RT.05. RW.08 dan 09.Desa Janti, Kecamatan, Jogoroto, Kabupaten, Jombang, masih banyak warga yang belum mendapatkan bantuan sama sekali dari program dampak Covid 19,, padahal warga tersebut tidak mempunyai pekerjaan tetap dan tergolong masyarakat ekonomi lemah, dengan kondisi seperti ini ada dugaan tebang pilih dalam pembagian Bansos tersebut.

Dengan terjadinnya permasalahan ini, kepala Desa, Janti, H.Mustain, ketika dikonfirmasi, diruang kerjanya, mengatakan, terkait pendataan yang di Dusun, Corogo itu pihak RT dan RW, tetap saya libatkan, cuma mereka saja yang tidak datang, kalo tidak dilibatkan itu tidak benar, dan sekarang ini data saya revisi lagi, kita ajukan lagi untuk mencari solusi yang terbaik buat masyarakat mudah-mudahan yang belum dapat ini dapat tercaver, ujar kades Mustain. (Munir).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here