Pembagian BLT DD Pemerintah Desa Gembong Gunakan Protokol Kesehatan

0
1477
PACITAN_SINARPOS
Masa Pendemi COVID-19 atau Virus Corona yang melanda Indonesia masih belum usai, banyak dampak yang dirasakan masyarakat, terutama terkait perekonomian masyarakat.
Seperti yang di sampaikan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menerbitkan Permendesa Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2020.
Adapun pengutamaan penggunaan dana desa adalah dapat digunakan antara lain untuk BLT-DD kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi COVID-19.
Besaran BLT-DD yang ditetapkan dalam Permendes No. 6 Tahun 2020 adalah Rp 600 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM) selama 3 bulan yang dimulai pada April hingga Juni 2020.
Oleh karena itu pemerintah Desa Gembong kecamatan Arjosari kabupaten pacitan menyerahkan Bantuan langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Kepada Masyarakat di balai desa Gembong pada, Jum’at 29/05/2020.
Kepala Desa gembong Agus palgunadi mengatakan, pada hari ini pemdes desa gembong membagikan BLT dana desa kepada Warga dengan nominal Rp.600,000 dengan jumlah (106) kepala keluarga (KK), kepada Masyarakat yang menerima Bantuan langsung Tunai Dana Desa ini, benar-benar harus dimanfaatkan sesuai kebutuhan masyarakat”,Ucapnya saat di hubungi Sinar pos melalui Via WhatsAp (WA).
“Mengingat kita belum tau sampai kapan dampak virus Corona ini akan berakhir bantuan langsung tunai ini diberikan kepada Warga yang belum menerima PKH, Warga yang belum menerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai),” Lanjutnya.
Ia juga menjelaskan, guna untuk meminimalisir Bantuan ganda, data warga tersebut diatur oleh Desa dengan diarahkan kepada penerima yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun dari Kabupaten.
Salah seorang warga penerima BLT yang enggan di sebutkan namanya mengatakan, bantuan berupa uang dengan nominal Rp.600,000,- ini sangat bermanfaat bagi keluarga untuk kebutuhan sehari-hari.
“Kepada pemerintah desa dan pusat kami mengucapkan terimakasih dengan bantuan ini.” ungkapnya saat di hubungi sinar pos
Turut hadir Forcopimca, BPD, kepala desa, perangkat desa, Bhabinkamtibmas, babinsa, tokoh agama, serta tokoh masyarakat dalam penyerahan bantuan tersebut.
(Sony)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here