Warga Desa Pepe yang terdampak Covid-19 Dapat BLT Dana Desa Senilai Rp.600 Ribu.

0
61

Sidoarjo, Sinar Pos

Pemerintahan Desa Pepe, Kecamatan Sedati mulai melakukan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap pertama dengan sasaran keluarga miskin yang tidak ditampung oleh Program Jaringan Pengaman Sosial oleh Kementerian Sosial, Jumat (22/5/2020) di Pendopo Balai Desa Pepe.

Kelompok ini yakni Non PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian akibat Pandemi Covid-19 namun belum terdata dan kelompok anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Pepe Batdrus Sholeh S.Ag menjelaskan mekanisme pendataan dilakukan berjenjang dan hati-hati dari tingkat RT dan RW.
“Pendataan dari tingkat RT, hasil pendataan sasaran keluarga miskin dimaksud kemudian dimusyawarahkan melalui musyawarah desa khusus untuk validasi dan finalisasi data oleh BPD dan tokoh masyarakat dan pemerintah desa serta relawan Covid 19. Dan Penerima BLT Dana Desa selanjutnya dibuatkan berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Desa, BPD serta peserta rapat. Kemudian dokumen penetapan data KK penerima BLT Dana Desa disahkan oleh camat,” terang Batdrus.

Penyaluran BLT Dana Desa ini merupakan tahap pertama yang diberikan ke-96 warga dengan nominal sebesar Rp600.000 per keluarga dan akan diberikan untuk 3 bulan. Bantuan ini berguna untuk meringankan beban warga di tengah dampak wabah corona.

Pj Kades Batdrus Sholeh S.Ag menambahkan agar semua jajaran ikut memantau dalam pelaksanaan penyaluran BLT Dana Desa tersebut agar tepat sasaran.

“Saya minta jajaran agar monitoring dan melakukan evaluasi rutin dalam pelaksanaan penyaluran BLT Dana Desa yang dimaskud,agar tepat sasaran tanpa adanya penyalahgunaan,” ujarnya.

Penyaluran BLT Dana Desa di Balai Desa Pepe tersebut diawasi dan di kawal langsung oleh elemen tiga pilar yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perangkat desa.

“Semua harus kita kawal bersama supaya tepat sasaran. Bila masyarakat mengetahui ada penyelewengan dan tidak tepat sasaran penyalurannya silahkan melapor kepada kami,” ujar Babinsa Desa Pepe. (Awi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here