Warga PSHT Dan Pemuda Rayon Karangjati Bagi Zakat Dan Ta’jil

0
586

Ngawi, Sinar Pos

Pemuda peduli lingkungan dan Persaudaraan Setia Hati Terate ( PSHT) Rayon Karangjati, Desa Karangjati Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, hari ini Minggu, 17 Mei 2020, membagikan zakat fitrah juga ta’jil kepada warga yang membutuhkan dan fakir miskin, sebanyak 260 paket.

Adapun isi dari paket tersebut merupakan beras, mie instan, minyak goreng dan gula. Semua paket-paket tersebut terkumpul dari pembayaran Zakat Fitrah juga sumbangan para pemuda dan warga lingkungan sekitar RT 3, 5, 10 RW 01 Desa Karangjati serta anggota PSHT rayon Karangjati selama bulan Ramadhan. Karena adanya wabah Virus Corona ( Covid -19), maka pembagian Zakat Fitrah dan Ta’jil diserahkan langsung kerumah – rumah warga, untuk menghindari kerumunan massa dan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah selama pandemi Covid-19.

Secara gotong royong dan sukarela, para pemuda peduli lingkungan menyalurkan paket zakat tersebut, di bagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, membagi paket zakat dan ditambah Mie instan, minyak goreng dan gula , bagian yang kedua membagikan ta’jil untuk buka puasa. Dalam pandemi covid-19, masyarakat terutama fakir miskin berharap banyak, untuk diperhatikan baik dari pemerintah atau orang – orang yang peduli pada mereka, seperti para pemuda peduli lingkungan Karangjati ini. Karena perekonomian yang sulit, juga tidak ada pekerjaan untuk menyambung hidup mereka.

” Saya sangat berterima kasih dan bersyukur atas paket zakat dan sembako ini kepada keluarga saya, semoga untuk kedepanya di contoh oleh orang – orang seperti kalian yang peduli pada nasib dan kehidupan kami yang susah, tidak ada pemasukan ekonomi karena tidak ada pekerjaan dan penghasilan” terang lastri ( ceblong nama sebutan) salah satu warga yang menerima bantuan.

Ketua kegiatan peduli lingkungan, Galih menjelaskan bahwa ” zakat tersebut terkumpul dari para pemuda dan warga lingkungan sini, serta saudara- saudara dari PSHT rayon Karangjati. Zakat Fitrah salah satu rukun islam yang ke-3. Merupakan kewajiban bagi semua kaum Muslimin Muslimat untuk berzakat, semoga dengan pembagian zakat ini bisa membantu warga yang membutuhkan apalagi ditengah pandemi covid -19 seperti sekarang ini”.

Beliau juga menyampaikan,” rasa peduli, kerjasama dan saling berbagi adalah sifat dasar yang dimiliki setiap manusia. Kalau bukan kita para pemuda, siapa lagi yang akan mewujudkan sifat tersebut tumbuh subur dilingkungan kita. Saya berpesan tidak perlu menjadi apa dan siapa, mari kita bangkitkan dan pupuk dari diri kita masing – masing, dan kita rawat rasa peduli kita, terhadap lingkungan kita ini” imbuhnya.

” Saya sampaikan apresiasi yang luar biasa buat rekan – rekan dilingkungan pos kamling, karena hanya dengan sedikit suntikan semangat yang kecil, tetapi hasilnya sangat luar biasa. Dalam artian luar biasa, yaitu dalam bekerja sama menjaga keamanan lingkungan, peduli pada masyarakat yang kurang beruntung atau kurang mampu. Semua luar biasa dalam memberikan bantuan dan sumbangan, baik tenaga, pikiran dan juga uang”. Terang Galih sambil menutup acara dan kegiatan. ( Irwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here