Peran Dinsos Kab. Blitar Dalam Penyaluran Bansos Warga Terdampak Pandemi Virus Corona

0
95
Blitar, Sinar Pos – Pemerintah Kabupaten Blitar menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi virus corona.
Acara peluncuran perdana distribusi bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi covid – 19 di buka Bupati Blitar, Drs.Rijanto, MM bersama Forkompinda di Pendopo Sasana Adhi Praja Kanigoro, Kabupaten Blitar baru – baru ini.
Bupati Blitar, Rijanto mengatakan , bantuan yang diberikan ke masyarakat dalam paket sembako. Satu paket sembako, terdiri atas 10 kilogram beras, telur, sambel pecel, kecap, masker dan produk UMKM.
Paket bantuan didistribusikan ke masing – masing desa dan kelurahan. Untuk pertama kali didistribusikan ke Kecamatan Sutojayan. Langkah ini juga untuk menggerakan ekonomi para pelaku UMKM di Kabupaten Blitar . Karena mereka juga terdampak pademi Covid – 19. Produknya di beli untuk diberikan ke masyarakat lagi. Sehingga roda perekonomian tetap berputar di Kabupaten Blitar.
“Kita menghadapi musuh yang tidak kelihatan. Kuncinya adalah kepatuhan kita melaksanakan social distancing dan protokol kesehatan harus kita terapkan untuk memotong mata rantai virus corona ini , ” Terangnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Drs. Romelan, M.Si ketika di temui di ruang kerjanya, Kamis, (29/04) mengatakan penerima bantuan adalah masyarakat yang belum mendapatkan bantuan PKH dan BPNT. Anggaran di peroleh dari refocusing dan realokasi APBD 2020.
Romelan menjelaskan , paket bantuan sosial itu diberikan tiga bulan. Yakni mulai April, Mei dan Juni.Paket bantuan yang di berikan pemerintah ke masyarakat merupakan produk UMKM Kabupaten Blitar.
Romelan mengatakan wabah virus corona yang melanda tanah air kita dan dunia sangat berdampak dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya di bidang kesehatan , tapi juga sektor sosial dan ekonomi masyarakat yang penghasilannya kurang bahkan hilang akibat wabah covid – 19.
Dinas Sosial Kabupaten Blitar dalam penyaluran bantuan sosial berusaha tepat sasaran. Pihaknya bertekat akan terus meningkatkan pelayanan penyaluran bantuan agar tidak tumpang tindih. Selain itu bila ada warga yang berhak menerima, ternyata luput mendapatkan bantuan sosial ini akan dilakukan verifikasi.
Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar berharap apabila warga yang semestinya mendapat bantuan , tapi karena sesuatu hal mereka tidak mendapatkanya , mereka akan diberikan bantuan secepatnya setelah melalui proses verifikasi.” Kami berharap bantuan sosial tersebut dapat meringankan beban masyarakat di tengah wabah virus corona atau covid – 19. Mohon dukungan dari semua pihak agar pelayanan penyaluran bantuan sosial lebih tepat sasaran, ” Jelasnya.( Har/ Advss).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here