DPRD Kab Blitar Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati 2019 Via Telekonferens

0
62
Blitar , Sinar Pos – DPRD Kabupaten Blitar menggelar Paripurna dengan agenda penyampaian laporan pansus terhadap LKPJ Bupati Blitar tahun 2019 yang dilaksanakan melalui video telekonferensi di Ruang Command Center, Rabu (22/04/2020).
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar mengikuti rapat paripurna melalui video telekonferensi didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar, Totok Subihandono, asisten dan sejumlah kepala OPD Pemerintah Kabupaten Blitar.
Dalam sambutannya, Bupati Blitar, Drs.Rijanto, MM menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Blitar dan anggota karena pada situasi seperti ini telah melaksanakan rapat paripurna meskipun melalui video telekonferensi.
“Ini situasi yang sangat luar biasa, karena wabah virus corona telah melanda dunia, termasuk Indonesia. Musibah wabah corona bisa segera diselesaikan yaitu dengan cara-cara disiplin yang ketat, baik social distancing maupun physical distancing dan tentunya setiap kegiatan mengikuti protokol kesehatan,” tutur Bupati Blitar Rijanto.
Harapannya, melalui rapat paripurna ini, dukungan dan support dari Pimpinan maupun Anggota DPRD Kabupaten Blitar sangat diharapkan, sehingga bisa bahu-membahu, bekerja bersama-sama untuk memutus mata rantai Covid-19.
“Saya menyampaikan terima kasih kepada perwakilan fraksi yang telah menyampaikan pendapatnya. Tentunya apa yang menjadi catatan dari Pansus maupun pendapat akhir fraksi akan menjadikan catatan kami, akan kami pelajari dan akan kita tindaklanjuti untuk menyusun program-program yang lebih baik lagi,” tutup Bupati mengakhiri sambutannya.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar H.Abdul Munib,SIP, yang saat itu memimpin jalannya persidangan mengatakan , mengingat kondisi saat ini yang masih dalam darurat pandemik Covid – 19, rapat tersebut di laksanakan sesuai protokol kesehatan yang direkomendasi oleh Word Health Organization ( WHO). Diantaranya, peserta rapat harus menggunakan masker, di cek suhu sebelum masuk ruangan , di sediakan hand sanitizer dan air untuk mencuci tangan, jarak duduk mencuci tangan, jarak duduk minimal 15 meter , serta menyampaikan rapat baik dilaksanakan sesingkat mungkin dan tidak ada Jabat tangan .
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar,.Abdul Munib di dampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Mujib menyampaikan Rekomendasi DPRD Kabupaten Blitar atas LKPJ Bupati Blitar 2019 agar dapat ditindak lanjuti sebagai bahan evaluasi dalam menjalankan roda pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab serta mampu menjawab tuntutan perubahan secara
efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik menuju Kabupaten Blitar lebih sejahtera, maju dan berdaya saing. ” Bupati Blitar juga telah menyampaikan penjelasannya dalam rapat paripurna pada tanggal 27 Pebruari 2020 serta fraksi – fraksi DPRD telah menyampaikan pandangan umumnya pada tanggal 28 Pebruari 2020. Kami berharap LKPJ Bupati Blitar tahun 2019 agar dapatnya di tindak lanjuti sebagai bahan evaluasi dalam menjalankan roda pemerintahan . Sehingga tata pemerintahan lebih baik, menuju Kabupaten Blitar lebih sejahtera, maju dan berdaya saing, ” Ungkapnya.
Selanjutnya Sugeng Suroso , S.Kom, juru bicara Pansus LKPJ membacakan hasil laporan LKPJ Bupati 2019 tentang data dan informasi terkait realisasi pencapaian program kegiatan dan indikator kerja, keberhasilan serta permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembangunan selama kurun waktu 2019. Terkait potensi ekonomi dan perekonomian yang sudah masuk kategori baik, analisis pengelolaan keuangan daerah.
Sedangkan untuk keperluan peningkatan akuntabilitas pengelolahan keuangan daerah dan mempertahankan opini BPK untuk laporan keuangan daerah Wajar Tanpa Pengecualian. ” Kami berharap catatan – catatan yang diberikan BPK melalui audit BPK untuk bisa diselesaikan dan diupayakan secara maksimal, ” Jelasnya.
( Har/ADV).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here