Atasi Dampak COVID-19, Desa Sumur Jomblang Bogo Berikan Padat Karya Tunai

0
116
PEKALONGAN,SINARPOS.CO.ID- Berdasarkan Surat Edaran Menteri PDTT No 8 Tahun 2020 tentang desa tanggap COVID-19 dan penegasan padat karya tunai desa, Pemerintah Desa Sumur Jomblang Bogo, Kecamatan Bojonh, Kab. Pekalongan melaksanakan Program Padat Karya Tunai Desa berupa pembersihan kawasan dukuh.
Hal ini dikatakan Kepala Desa Sumur Jomblang Bogo, Slamet, saat ditemui di lokasi program Padat Karya Tunai di Desa Sumur Jomblang Bogo, Kecamatan Bojong, Jumat (01/05/2020).
Program padat karya tunai ini merupakan program desa yang bertujuan membantu ekonomi desa dengan memberikan penghasilan sementara bagi masyarakat desa yang kehilangan pendapatan akibat berbagai pembatasan sosial di tengah pandemi COVID-19.
Program padat karya tunai Desa Sumur Jomblang Bogo Kecamatan Bojong, membersihkan area di 6 dukuh yaitu dukuh jebogo 1,jebogo 1 barat,jebogo 2,jomblang,sumur watu barat,dan sumur watu timur.
Kepala Desa Sumur Jomblang Bogo, Slamet menjelaskan, bahwa dana program padat karya ini berasal dari dana desa tahap 1 yang sudah dicairkan sehingga bisa langsung dikerjakan.
Dalam padat karya tunai ini, warga diberikan upah sesuai juknis yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan besaran upah Rp80 ribu/orang setiap harinya.
“Kami melihat progam ini sangat membantu ekonomi masyarakat desa Sumur Jomblang Bogo di tengah pandemi virus Corona dan masyarakat senang dengan adanya program padat karya tunai ini. Untuk kegiatan langsung dilakukan oleh masyarakat sendiri tanpa ada masalah sedikitpun,” ujar Herno selaku perangkat desa
Masih menurut Kepala Desa, Padat Karya tersebut, murni melibatkan warga Desa Sumur Jomblang Bogo dari laki-laki dan perempuan. Para pekerja dipastikan tidak ada warga dari luar Desa Sumur Jomblang Bogo.(Riki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here