Sinergi Babinsa Koramil Pungging & Petugas UPT Puskesmas Keliling Kampung Bagikan Selebaran Penangulangan Covid -19

0
71

Mojokerto, – Dengan mewabahnya virus Corona (Covid 19) saat ini, Babinsa Koramil 0815/11 Pungging Kodim 0815/Mojokerto Sertu Maripin bersama Serda Putu Darmika bersinergi dengan Petugas UPT Puskesmas Pungging, melaksanakan sosialisasi kepada warga masyarakat Desa Pungging Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (20/04/2020)

Kegiatan diawali dengan apel pemberangkatan oleh Kepala UPT Puskesmas Pungging dr. Agus Dwi Cahyono, di halaman Kantor UPT Puskesmas setempat. Usai apel selanjutnya Sertu Maripin dan Serda Putu Darmika bersama Staf UPT Puskesmas Pungging Endang Setyowati, Amd., Keb., dan Bidan Desa Pungging Eka Erfana, Amd., Keb., menuju wilayah Desa Pungging

Pantauan di lapangan, sosialisasi dilakukan dengan cara ledang (siaran keliling) menggunakan satu unit kendaraan UPT Puskesmas Pungging dan membagikan selebaran dari rumah ke rumah yang berisi himbauan pemerintah guna penanggulangan Covid 19.

Di sela-sela kegiatan, Sertu Maripin mengungkapkan, siaran keliling bertujuan untuk mensosialisasikan himbauan pemerintah kepada warga, agar menjaga kebersihan diri seperti cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, menggunakan hand sanitizer, mengurangi keluar rumah bila tidak penting, selalu mengenakan masker, menghindari jabat tangan atau kontak fisik, dan apabila nafas terasa sesak disertai demam tinggi dan lemas agar memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat atau Posko Covid -19 untuk penanganan lebih lanjut.

Selain melalui siaran keliling, lanjut Sertu Maripin, kami bersama petugas UPT Puskesmas juga membagikan selebaran dari rumah ke rumah yang berisi himbauan pemerintah guna penanggulangan Covid -19 di desa binaan.

Masih kata Sertu Maripin, himbauan dengan cara ledang dan membagikan selebaran ini, cukup efektif dalam menyampaikan pesan kepada warga masyarakat karena stiker, pamflet, spanduk yang ditempel di tempat-tempat umum ataupun strategis dapat dibaca langsung dan dipahami oleh warga, sehingga upaya pencegahan penyebaran Covid 19 dapat dilakukan bersama-sama.

“Upaya lain yang dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid 19 di desa binaan juga sudah dilakukan jajaran TNI-Polri, bersama Pemerintah Desa dan Bidan Desa dengan mendirikan Posko Covid-19,” pungkasnya.(ifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here