Forkompimda Kabupaten Kediri Cek Kesiapan Tempat Observasi dan Isolasi Pemudik

0
76
KEDIRI, SINAR POS – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan kunjungan dan pengecekan tempat Observasi dan Isolasi pemudik dan pendatang di Kantor Dinas Sosial Desa Sonorejo Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, Jumat (17/4/2020) pagi.
Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Kediri Haryanti Sutrisno, Kapolres Kediri Kota AKBP. Miko Indrayana, Kapolres Kediri AKBP. Lukman Cahyono, Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, BPBD Kabupaten Kediri Kediri Slamet Turmudi.
Camat Grogol Suherman, Kapolsek Grogol AKP. Riko Saksono, Danramil Grogol Kapten Inf Subangun, Kepala UPTD Puskesmas Grogol Dr. Arni Felianti.
Forkompimda sepakat menyampaikan himbauan dan mengajak masyarakat Kediri untuk menunda keinginan mudik alias pulang kampung keluar maupun masuk ke Kediri.
Ini dilakukan guna memutus mata rantai virus corona (covid-19) sekaligus mengantisipasi atau pencegahan covid-19 agar tak menyebar di wilayah Kabupaten Kediri.
Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Kediri bersama aparat berwenang akan mengambil sikap tegas apabila masyarakat Kediri terpaksa mudik, diharapkan melakukan rangkaian pemeriksaan (observasi) dan menerapkan isolasi diri di rumah selama 14 hari.
Namun jika tidak mau, dengan sangat terpaksa pihak berwenang sudah menyiapkan tempat untuk isolasi di kantor dinas sosial yang terletak di Desa Sonorejo Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, ini semua untuk menjaga keselamatan kita semua dari wabah covid-19.
Keterangan diperoleh menyebutkan, saat ini di kantor Dinas Sosial Desa Sonorejo telah ditempati 3 orang perempuan yang baru pulang dari Malaysia.
Ketiganya adalah, Siti Nurviaty Ningsih (47) warga Dusun Genuk Desa Adan-adan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Sianli Hartati (44) warga Bandung Jawa Barat dan Beira (44) warga Pamekasan Madura.
Awalnya ketiganya hendak berkunjung ke rumah Siti Nurviaty Ningsih di Dusun Genuk tetapi oleh warga setempat dicegah dan tak di ijinkan, sebab Siti turut membawa dua orang temannya yang diketahui berprofesi sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia.
Kemudian urusan ini oleh kepala desa setempat diserahkan ke BPBD Kabupaten Kediri dan ditempatkan atau menginap sementara di kantor Dinas Sosial Desa Sonorejo, pada Jumat (17/4/2020) ketiganya akan dipulangkan ke daerah asalnya.
Kapolres Kediri Kota AKBP. Miko Indrayana mengatakan, fasilitas observasi dan isolasi milik Dinas Sosial Desa Sonorejo, Grogol Kabupaten Kediri akan digunakan seandainya ada masyarakat dari luar daerah yang tetap nekat mudik ke Kediri.
“Dalam situasi pandemi covid-19 sehubungan dengan keinginan berkumpul bersama keluarga bagi pemudik dan pendatang memang ada beberapa hal (aturan) yang diikuti, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas telepon atau video call dan lainnya untuk berkomunikasi dengan keluarga,” ungkapnya.
“Sekali lagi kami menghimbau untuk sementara menunda niat atau keinginan untuk mudik terlebih dahulu,” tambah AKBP. Miko (AD/KM/LH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here