Koramil, BPP, POPT & Petani Gondang Lakukan Gerdal WBC

0
143

Mojokerto, – Sudah kita ketahui bersama pada umumnya hama utama tanaman padi salah satunya adalah Wereng Batang Coklat (WBC) yang paling berbahaya dan merugikan para petani. Hama WBC ini jika tidak segera ditangani akan sangat mempengaruhi produktifitas padi bahkan dapat mengakibatkan gagal panen.

Untuk menangkal hama WBC, Bati Tuud Koramil 0815/18 Gondang Kodim 0815/Mojokerto Pelda Rudy Suhartono beserta Babinsa Pugeran Koptu Trilaksono bersama Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP), PPL dan Poktan Margo Tani Mulyo II Desa Pugeran Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, melakukan gerakan pengendalian (Gerdal) WBC, Selasa (14/04/2020).

Gerakan penyemprotan massal dengan menggunakan Pestisida Venop 60 WP ini mendapat arahan atau petunjuk langsung dari Koordinator POPT Kab Mojokerto, Wito, SP, dan menjelaskan tata cara penyemprotan sedangkan untuk dosis ataupun pencampuran pestisida dijelaskan oleh Kepala Laboratorium Pengendalian Hama Penyakit Tanaman (HPT) Kabupaten Mojokerto Ir. Prastiyo.

Saat dikonfirmasi Pelda Rudy Suhartono mengatakan, tujuan dari Gerdal WBC diantaranya mensosialisasikan penggunaan pestisida secara tepat kepada petani dengan cara penyemprotan serentak dan melibatkan banyak petani, sebagai upaya pencegahan penyebarluasan WBC.

Masih lanjutnya, untuk penggunaan pestisida harus berdasarkan prinsip “5 Tepat” yaitu tepat sasaran, tepat jenis, tepat waktu, tepat dosis, dan tepat cara aplikasi. Ditegaskannya, aplikasi penyemprotan harus secara serentak seperti yang kita lakukan kali ini dengan luasan areal 4 hektare.

Yang perlu diwaspadai oleh petani adalah ciri-ciri serangan wereng batang coklat, bisanya menyerang tanaman padi umur 15 hari dan akan semakin nampak pada umur 20 – 40 hari. “Keganasan WBC menghisap cairan batang padi, juga menularkan virus sehingga tanaman bisa kerdil,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, tampak belasan petani dengan menggunakan handsprayer melakukan penyemprotan hama WBC secara serentak, dengan didampingi Koordinator PPL Kecamatan Gondang Mukhlisah, SP, Bati Tuuud Koramil Gondang, Babinsa Pugeran dan Kapoktan. Kegiatan ini juga disaksikan Kades Pugeran, M. Arif beserta perangkat desa.(ifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here