Satu Lagi PDP Positif Covid-19 Kambingan, Pagu Kab.Kediri Meninggal, Dimakamkan Protokol Kesehatan

0
230
KEDIRI, SINAR POS – Setelah beberapa hari lalu dilaporkan N asal Paron, Ngasem, Kabupaten Kediri meninggal dunia, setelah dirawat dan terkonfirmasi positif Covid-19, kini orang yang kontak dekat dengannya MKD juga menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu, (11/04/2020).
Prosesi pemakaman Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkonfirmasi positif corona virus (covid-19) berinisial MKD adalah laki-laki berusia sekira 71 tahun warga asal lingkungan Dusun Ngatup Desa Kambingan Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri berlangsung sesuai protokol kesehatan.
Pemerintah Kabupaten Kediri melaui Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 diswbarkan melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kabupaten Kediri mengumumkan adanya tambahan tiga orang pasien covid-19 sehingga total warga yang terpapar menjadi sepuluh orang, Jumat (10/4/2020).
Dari tiga kasus tambahan positif covid-19 tersebut, satu orang sudah meninggal dunia sebelum hasil swab keluar, beralamat di Desa Kwadungan Kecamatan Ngasem.
Satu orang beralamat di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo, melakukan isolasi mandiri dan dalam pengawasan tenaga medis, pasien ini dari klaster Pelatihan Haji Sukolilo (TPIHI).
Usai pemakaman MKD, warga melakukan penutupan akses dari sisi barat menuju timur yang merupakan jalan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) di wilayah Dusun Ngatup Desa Kambingan Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Sabtu (11/4/2020).
Gugus tugas sudah melakukan tracing siapa saja yang kontak dengan yang bersangkutan, sementara satu orang lainnya yakni MKD warga Desa Kambingan Kecamatan Pagu telah menjalani perawatan medis secara intensif di RSKK dan kemudian meninggal dunia.
Kasus ini merupakan klaster baru, dan saat ini gugus tugas melakukan tracing siapa saja yang kontak dengan yang bersangkutan.
Ketika ditemui usai pemakaman MKD, Komandan Unit Reaksi Cepat (URC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Windoko mengatakan, pengamanan prosesi pemakaman dibantu jajaran TNI dan Polri serta dinas medis terkait.
Sejumlah petugas disiagakan berjaga di dua sisi jalan menuju TPU setempat, warga dilarang mendekat, sementara Wmwarga sekitar kediaman MKD di Dusun Ngatup Desa Kambingan Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri mulai memberlakukan lingkungan isolasi dan telah mendirikan posko mandiri.
Pasca pemakaman disekitar kediaman yang bersangkutan sudah dilakukan dua kali penyemprotan desinfektan, pertama dilakukan secara swadaya dan kedua bantuan pemerintah.
Sedangkan keluarga bersangkutan dan tetangga dekat dalam satu komplek dilakukan diisolasi mandiri, di awasi warga lingkungan Rukun Tetangga (RT) dan warga berinisiatif mendirikan posko mandiri serta membentuk tim piket selama 14 hari ke depan,
Kabarnya Pemerintah Kabupaten Kediri telah menyalurkan Logistik ke sejumlah warga yang terdampak (AD/KM/LH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here