Pemprov Jatim Luncurkan Layanan Chatbot WA Covid-19

3
219

SURABAYA SINAR POS – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meluncurkan layanan chatbot di aplikasi WhatsApp untuk memberikan informasi seputar penanganan virus corona Covid-19 di provinsi tersebut. Layanan chatbot tersebut bisa diakses di infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19.

Melalui layanan ini, masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan akun resmi Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sedikitnya ada 7 fitur yang bisa dimanfaatkan masyarakat, diantaranya radar Covid-19, tanya jawab seputar Covid-19, hingga rekomendasi dan tips kepada masyarakat agar mereka terlindungi dari infeksi virus corona.

“Konsepnya seperti chat whatsapp pada umumnya. Masyarakat hanya tinggal membalasnya dengan angka/emoticon untuk mendapatkan informasi,” ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jum’at (3/4).

Sebelumnya Pemprov Jawa Timur juga meluncurkan layanan check up mandiri yang sifatnya borderless sehingga bisa diakses tidak hanya masyarakat Jawa Timur. Layanan tersebut memungkinkan masyarakat untuk mengenali gejala dan mendeteksi virus corona sejak dini. Selain guna meminimalisir aksi masyarakat berbondong-bondong melakukan tes kesehatan di rumah sakit yang menyebabkan antrean panjang.

Khofifah mengatakan seluruh layanan tersebut diluncurkan untuk mempercepat arus informasi kepada masyarakat. Selain untuk meminimalisir dan mengantisipasi munculnya beragam hoax dan disinformasi yang meresahkan.

“Saya sadar betul masyarakat saat ini sangat butuh informasi dan saya tidak ingin mereka justru mendapatkan informasi yang salah dan menimbulkan kepanikan,” tutur Khofifah.

Menurutnya, pekerjaan rumah yang juga urgent adalah mengedukasi masyarakat mengenai Covid-19. Mengingat tidak sedikit masyarakat yang belum memahami apa itu Covid-19, upaya pencegahan, dan tindak lanjut yang harus dilakukan.

“Nah dengan layanan ini jangkauannya bisa lebih maksimal. Tidak harus door to door, tapi semuanya serba virtual,” imbuhnya.

Khofifah berharap layanan chatbot tersebut dapat dimaksimalkan penggunaannya oleh seluruh masyarakat Jawa Timur selama masa darurat Covid-19. (Nwi)

3 KOMENTAR

  1. Mau hadiah total sampai 1M 😱
    Buruan join di situsjadul.com dengan TCoin !
    Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya !

    Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com
    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎

  2. Cukup 1 User Id untuk bermain di semua jenis game. POKER165,CO dengan Server IDN Poker Terbaik dan memiliki Win Rate Paling Tinggi saat ini diantara semuanya. POKER165 juga menawarkan berbagai promo istimewa yang di BERIKAN DI DEPAN FULL !! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +6281806761237 atau lgs buka link/situs nya ya boskuu. 🥳🥳🥳😍🥰😘😘

  3. ⁣⁣Hindari Virus Corona Dengan cara Tetap Dirumah #Socialdistancing dan jika bosan silakan bermain Di SitusJadul,com guys. Daftar sekarang di Situsjadul,com dan bermain game kartu yang bisa menghilangkan rasa jenuh seperti anda rasakan saat ini. Situs online Terpercaya di Indonesia serta menjadikan pilihan tepat dan solusi bagi Anda yang selalu kalah didalam permainan!
    #viruscorona #coronavirus #corona #virus #wuhan #china #indonesia #mask #QQHarian #viral #masker #covid #jualmasker #likeforlikes #repost #viruskorona #wuhanchina #maskersensi #maskermurah #kesehatan #like #news #Bola165 #beritaterkini #banjir #wuhancoronavirus #bandung #nikitamirzani #poker165 #viruscoronadiindonesia #bali #bengkulu #medan #makassar #surabaya #madiun #jakarta #semarang #gubernurtolol #aniesbaswedan #anieslengser #aniesgabisakerja #aniescorona #aniestolol #aceh #lampung #banten #riau #pekanbaru #jogjaistimewa #yogyakarta #sumatra #papua #kalimantan #pontianak #jambi #gorontalo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here