Pemkab Blitar Keluarkan Kebijakan Untuk Pencegahaan Corona

0
164

Blitar, Sinar Pos

Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Blitar mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mencegahan penyebaran virus Corona.Kebijakan tersebut tindak lanjut dari intruksi Presiden dan Gubernur Jawa Timur , terkait kondisi kondisi nasional akibat penyebaran virus Covid – 19. Sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar menyesuaikanya.

Bupati Blitar, Drs.Rijanto, MM menghimbau masyarakat untuk tetap tenang , tidak panik, karena Pemkab Blitar berusaha melakukan pencegahan penyebaran virus corona sebaik – baiknya.

Bupati Blitar menghimbau untuk tidak memborong barang dengan jumlah banyak . Tetap rutin berolah raga dan menjaga pola hidup sehat. Rijanto mengintruksikan baik di instansi pemerintahan maupun kantor – kantor swasta untuk menyediakan _*hand sanitizer,*_ serta membasuh tangan sesering mungkin atau dengan air yang mengalir. Warga Blitar diharapkan dapat menjaga diri dari potensi tertular Covid – 19 dengan menerapkan Social Distanding ( menjaga jarak ) satu setengah meter. ” Seperti arahan Presiden RI, Joko Widodo, yang di tindak lanjuti oleh Gubernur Jawa Timur , Khofifah Indar Parawansa, maka Pemerintah Kabupaten Blitar juga membentuk Satgas untuk menangani masalah penyebaran virus corona , ” Ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Blitar dipimpin Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM terus berupaya berkoordinasi dengan seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di jajaran Pemerintah Kabupaten Blitar membahas terkait Virus Corona melalui video conference di Ruang Command Center, Senin (30/03/2020).

Video Conference tersebut sebagai bentuk upaya Pemkab Blitar dalam mengurangi mobilitas dengan kerja yang efektif, efisien, tepat sasaran serta menghindari pertemuan yang berskala besar.

Komunikasi dua arah ini membahas masalah Pandemi Covid-19 yang menjadi tanggung jawab bersama untuk memutus mata rantai wabah virus corona yang ada di Kabupaten Blitar saat ini.

Termasuk memantau perkembangan penanganan penyebaran virus corona, pergeseran anggaran hingga kesiapan RSUD Ngudi Waluyo Wlingi sebagai rumah sakit rujukan pasien Corona.

Kebijakan-kebijakan lain juga terus dilakukan, mengingat Pemkab Blitar yang semula berstatus siaga menjadi tanggap darurat virus corona atau covid-19.

Tidak hanya video conference dengan seluruh OPD Pemkab Blitar, Bupati Rijanto melanjutkan video conference bersama Forkopimda, Muspika, Kepala Puskemas, dan seluruh Kepala Desa/Lurah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Rijanto menekankan untuk menghadapi Covid-19 ini seluruh Desa diharapkan membentuk gugus tugas dengan diketuai Kepala Desa. Selain itu, penyemprotan disinfektan untuk terus dilaksanakan.

Hasil pantauan langsung wartawan Sinar Pos, untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid – 19 , Pemkab Blitar telah menggelar aksi penyemprotan disinfektan ke sejumlah tempat di Kabupaten Blitar. Tempat yang menjadi sasaran penyemprotan disinfektan kali ini di Ruang Terbuka Hijau ( RTH) Kanigoro, sepanjang jalan raya di Wlingi termasuk RTH Wlingi.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bersama – sama ,yakni Bupati Blitar, Jajaran BPBD, PMI Kabupaten Blitar, Kapolres, Dandim 0808 Blitar dan jajaran dibawah dibantu juga Damkar.

Penyemprotan disinfektan ini akan terus digalakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Disamping penyemprotan, juga digelar peneriksaan kendaraan yang masuk wilayah Blitar di perbatasan Blitar – Kediri di Udanawu dan perbatasan Blitar – Malang di Kesamben. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan suhu sopir maupun penumpang kendaraan, serta dilalakukan penyemprotan disinfektan ke setiap kendaraan yang masuk Blitar.

“Mari kita bersama-sama untuk saling bahu-membahu memberantas wabah virus ini dengan mengikuti instruksi Pemerintah maupun maklumat Kapolri, terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berolahraga yang rajin,” Jelasnya.( Har / Advss)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here