Masyarakat Sedengan Mijen Gelar Istighosah Mohon Keselamatan Dari Ancaman Corona

0
73
Sidoarjo-Sinar Pos Pemerintahan Desa Sedengan Mijen menggelar istighosah Kamis (26/3) malam di Pendopo Balai Desa Sedengan Mijen. Istighosah tersebut dilakukan sebagai upaya meminta pertolongan kepada Allah SWT, agar masyarakat Sedengan Mijen terhindar dari berbagai bencana dan wabah virus corona.
Berbeda dengan tahun yang lalu kegiatan istighosah ini hanya di hadiri BPD, Kepala Desa, RT/RW, dan perangkat desa. Sedangkan masyarakat yang lainnya menggelar istighosah di musholah masing-masing.
Istighosah yang hanya di hadiri oleh beberapa orang ini, terjadi karena Pemerintah menghimbau larangan adanya kerumunan warga untuk memutus rantai penyebaran virus Covid 19. Oleh sebab itu masyarakat Desa Sedengan Mijen yang lainnya menggelar istighosah di musholah masing-masing guna mengurangi kerumunan warga.
“Tujuan kita menggelar Istighosah ini berdoa untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT agar masyarakat
terhindar dari berbagai bencana dan wabah virus corona,” ujar Kepala Desa Sedengan Mijen H. Hasanuddin saat memberikan keterangan pada awak media Sinar Pos setelah kegiatan Khotmil Qur’an di Pendopo Balai Desa Kamis (26/3) siang.
Kegiatan istighosah tersebut diselenggarakan Pemerintah Desa Sedengan Mijen dalam rangka memperingati Ruwat Desa.
H.Hasanuddin menjelaskan, seharusnya kegiatan ruwat desa ini dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 26 – 29 Maret 2020. Karena masa inkubasi terkait wabah penyakit virus Corona tidak dapat ditentukan maka Ruwat Desa Sedengan Mijen yang biasanya menggelar pagelaran wayang kulit harus dibatalkan.
“Biasanya di desa kami mengadakan ruwah desa selama 3 hari, dengan menggelar istighosah dan pagelaran wayang kulit. Berhubung pandemi corona belum selesai dan mematuhi himbauan dari pemerintah yang melarang adanya kerumunan warga maka pagelaran wayang kulit kami tiadakan dan kegiatan istighosah tetap berjalan dengan menghadirkan beberapa warga saja,” jelasnya.
Kepala Desa Sedengan Mijen berharap semoga dengan terlaksananya istighosah ini masyarakat Desa Sedengan Mijen diberi keselamatan, terhindar dari bencana dan wabah penyakit.(Aw/Dl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here