BAPENDA Kediri, Lunasi Pajak Restoran Anda Melalui Aplikasi E-SPTPD dan Nikmati Hasilnya

0
1032
KEDIRI, SINAR POS Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kediri, melakukan sosialisasi pelaksanaan e-SPTPD. Sesuai Perda Kab. Kediri Nomor 1 Tahun 2011, Tentang Pajak Daerah, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Perda Kab. Kediri Nomor 3 Tahun 2017, maka dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah (pajak daerah), sejak tanggal, 02 Januari 2020 prosedur pelaporan Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) untuk Pajak Hotel, Pajak Restoran dan Pajak Hiburan di Kantor Bapenda Kab. Kediri telah menggunakan aplikasi e-SPTPD.
Melalui aplikasi e-SPTPD tersebut wajib pajak selain dapat melaporkan SPTPD juga dapat mencetak sendiri id billing yang dapat digunakan untuk pembayaran pajak daerah di Bank Jatim.
Untuk wajib pajak yang belum memiliki user id dapat mendaftarkan user id melalui menu pendaftaran aplikasi E-SPTPD. Apabila ada kendala terkait dengan teknis pelaksanaan E-SPTPD, Bapenda telah menyiapkan petugas pelayanan yang akan memandu secara teknis dalam penggunaan aplikasi E-SPTPD secara keseluruhan mulai dari cara input SPTPD, serta cetak id billing. Alamat E-SPTPD:
e-SPTPD.kedirikab.go.id dan E-SPTPD yang telah dinyatakan benar dan lengkap akan diberikan ID billing yang akan digunakan wajib pajak untuk melakukan pembayaran ke Bank Jatim.
Restoran dipungut pajak atas setiap pelayanan yang disediakan oleh Restoran, Objek Pajak Restoran adalah pelayanan yang disediakan oleh Restoran, termasuk Rumah Makan, Kafetaria, Kantin/Depot, Warung, Bar dan sejenisnya termasuk jasa boga/katering. Pelayanan yang disediakan Restoran meliputi pelayanan penjualan makanan atau minuman yang di konsumsi oleh pembeli baik dikonsumsi ditempat pelayanan maupun ditempat lain. Subjek Pajak Restoran adalah orang pribadi atau badan yang membeli makanan atau minuman dari restoran.
Wajib Pajak Restoran adalah orang pribadi atau badan yang mengusahakan Restoran. Dasar pengenaan Pajak Restoran adalah jumlah pembayaran yang diterima atau yang diterima Restoran. Tarif pajak Restoran ditetapkan 10%. Besaran pokok Pajak Restoran yang terutang dihitung dengan cara mengalikan tarif pajak dengan dasar pengenaan pajak.
Masa Pajak Restoran adalah jangka waktu yang lamanya 1 bulan kalender, Pajak Restoran yang terutang dalam masa pajak terjadi pada saat pembayaran kepada pengusaha restoran atau sejak wajib pajak melaporkan kewajiban perpajakanya dengan menggunakan aplikasi E-SPTPD. E-SPTPD digunakan wajib pajak untuk menghitung, memperhitungkan dan menetapkan pajak sendiri yang terutang. E-SPTPD paling sedikit memuat omzet dan jumlah pajak terutang dalam satu masa pajak.
E-SPTPD harus diisi dengan jelas, benar dan lengkap disampaikan Kepada Kepala Bapenda paling lambat 15 (lima belas) hari kalender setelah masa berakhirnya masa pajak. Kepala Bapenda melakukan penelitian atas E-SPTPD yang disampaikan oleh Wajib Pajak. Sosialisasi ini dipersembahkan oleh Bapenda Kabupaten Kediri, Jl. Pamenang No. 1 Telp. (0354) 699873 (Adv/BAPENDA/Leh).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here