Jelang Pilkada, Masyarakat Diminta Tak Terpancing Berita Hoax

0
129
PEKALONGAN,SINARPOS.CO.ID –* Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pekalongan tahun 2020 akan segera digelar. Kendati demikian, pelaksanaan tersebut masih dibayangi oleh ancaman hoax dan isu SARA di beberapa media sosial yang dapat memicu perpecahan di masyarakat.
Terkait hal itu, guna untuk mengantisipasi maraknya penyalahgunaan terhadap media sosial (medsos) yang rawan akan memunculkan isu-isu tidak benar seperti informasi hoax dan fitnah, nantinya Polres Pekalongan akan menambah personilnya yang akan di tugaskan melaksanakan Patroli Cyber di dunia maya.
Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si melalui Kasubbag Humas AKP Akrom mengatakan, penyalahgunaan sosial media sangat rawan terjadi, khususnya menjelang Pilkada. Untuk itu apabila sosial media tidak dikelolah dengan baik dikhawatirkan berdampak terhadap kehidupan nyata,” ujarnya.
Disampaikan Kasubbag Humas bahwa sebelumnya Polres Pekalongan sudah memiliki Tim Patroli Cyber, namun karena sebentar lagi akan ada Pilkada di Kabupaten Pekalongan, jumlah anggota yang dilibatkan dan di tugaskan menjadi Tim Patroli Cyber akan di tambah dan di perkuat lagi.
Adapun cara kerja Tim Patroli Cyber Polres Pekalongan ini akan memantau langsung hingga 24 jam penuh guna untuk menganalisis mulai instagram, facebook, twitter dan media sosial lainnya. Tidak hanya melalui laptop, tapi melalui gadget juga,” beber AKP Akrom.
Kasubbag Humas menambahkan apabila nantinya ditemukan adanya penyebar isu tidak benar (hoax) pihaknya akan langsung melakukan tindakan hukum sesuai dengan ketentuan UU ITE
Dan untuk mengatasi berita hoax yang sudah menyebar pihak Kepolisian nantinya akan menyampaikan kepada masyarakat umum, bahwa berita itu tidak benar, pungkas Kasubbag Humas. (Riki-Er$hi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here