Bupati Tulungagung Buka Pagelaran Festival Dalang Pelajar

0
74

Tulungagung, Sinar Pos – Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM membuka pagelaran Festival Dalang Pelajar. Festival Dalang Pelajar yang diadakan Dinas Pendidikan , Pemuda dan Olahraga ( Disdikpora) Kabupaten Tulungagung tahun ini di ikuti 18 peserta dari jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTS, SMK/ SMA se-Kabupaten Tulungagung. Festival ini digelar di balai budaya Taman Bina Bakat dan Kompetensi Siswa ( TB2KS) Tulungagung selama dua hari, yaitu Jum’at,13 Maret hingga Sabtu,14 Maret 2020.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Tulungagung, Drs.Maryoto, MM, Drs Haryo Dewanto W, MM, Plt.Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur di Tulungagung dan Trenggalek, Kepala OPD lingkup Pemkab, Camat se-Kabupaten Tulungagung ,Ketua PGRI Kabupaten Tulungagung serta kepala SMP se-Tulungagung.

Rokhani, S.Pd , Ketua Panitia FDP menjelaskan dengan diakannya FDP bertujuan untuk melanggengkan dan melestarikan seni pakeliran yang ada di Kabupaten Tulungagung. Kegiatan tersebut memberi wadah kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan bakat minat dan kompetensinya di bidang pedalangan ” FPD ini dapat memberikan wadah kesempatan kepada para Siswa untuk mengembangkan bakat minat dan kompetensinya dibidang Pedalangan, ” Ungkapnya.

Bupati Tulungagung, Drs.Maryoto Birowo mengapresiasi dengan di adakannya Festifal Dalang Pelajar ( FDP) . Menurutnya FDP ini suatu upaya untuk melestarikan budaya leluhur dan sekaligus ajang atau uji kompetensi terhadap para dalang. Sehingga dapat melahirkan dalang – dalang terbaik di Kabupaten Tulungagung.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo berharap dengan diadakannya FDP bisa menjadi wadah untuk menyalurkan bakat, ekspreasi, ide dan pengetahuan para siswa dapat teruji dan terapresiasikan. Semua elemen masyarakat secara luas agar dapat berkreasi menambah wawasan dan mengambil nilai- nilai positif yang selanjutnya memperkaya sasana budaya bangsa.” Kegiatan ini di harapkan dapat mengembangkan implementasi kreatif dan kemampuan apresiasi dalam bidang seni tradisional kepada anak didik. Untuk itu perlu kiranya kegiatan ini dilaksanakan tentunya sebagai wadah penyaluran bakat anak didik. Sehingga dapat memperkaya khasanah budaya Bangsa, ” Jelasnya.

Selanjutnya Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo di dampingi Plt Kepala Disdikpora Kabupaten Tulungagung, Haryo Dewanto memukul gong membuka secara resmi pagelaran Festival Pagelaran Dalang Pelajar kelima tahun 2020 Kabupaten Tulungagung.( Har )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here