Sukseskan Program Peduli, PKBI Jawa Timur Motori Para Mitra

1
99

Surabaya – Sinar Pos Kamis, 05 Maret 2020. PKBI Jawa Timur melaksanakan kegiatan rapat koordinasi bersama mitra jaringan dalam rangka menyukseskan program peduli di LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) Kelas I Blitar. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai mitra pemerintahan, swasta, dan juga lembaga swadaya masyarakat di Kota Blitar dan sekitarnya.

Diantara mitra tersebut terdiri dari LPKA Kelas I Blitar, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Lembaga Psikologi Lazuardi, Sahabat Perempuan dan Anak, Psikolog RS Kota Bitar, Lembaga Perlindungan Anak, Aisyiyah, dan anak didik LPKA.

Kegiatan ini berlangsung dengan menarik, semua pihak mengemukakan ide dan program dari masaing-masing lembaga yang bisa dikorelasikan dengan program peduli. Seperti contohnya Disdukcapil yang siap memfasilitasi anak didik yang belum memiliki KIA (Kart Identitas Anak), begitu juga dengan Dinsos yang bersedia memfasilitasi kepulangan anak didik jika sudah lulus, serta Aisyiyah yang sudah lebih dulu berkomitmen dan berkegiatan dengan LPKA siap mendukung program peduli.

Dinas lain yang menyatakan kesediannya adalah dinas pendidikan, yang menyatakan akan memberikan KIP (Kartu Indonesia Pintar) sesuai degan peraturan yang ada. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh perwakilan anak didik untuk berani bersuara terkait keadaannya di dalam LPKA, mereka menyatakan program yang ada sudah bagus namun terdapat kekurangan seperti fasilitas bermain, olahraga, dan juga kesenian yang dapat mengasah bakat dan kemampuan mereka.

Sementara dinas dan para mitra yang hadir menyatakan kesediaannya untuk turut serta dalam melaksanakan program peduli. Pihak LPKA mengapresiasi adanya program ini yang nantinya diharapkan bisa membantu dan bermanfaat bagi anak secara langsung dan berkepanjangan.
Program Peduli sendiri merupakan program yang mendorong terwujudnya inklusi sosial.

Program ini dilaksanakan agar LPKA menjadi lebih inklusif dan ramah anak melalui dorongan UU SPPA (Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak). Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan seluruh mitra yang hadir terkait dengan komitmen dan dukungan program peduli. (Nwi).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here