Meriahkan HUT Kabupaten Pacitan ke-275, Pemdes Tumpuk Gelar Wayang Kulit

0
375

Pacitan, Sinar Pos

Seiring berjalannya waktu kebudayaan manusia terus berkembang, budaya asing telah masuk ke Indonesia dan kita berada di era globalisasi, sehingga kerap menimbulkan banyak masalah yang berdampak positif maupun negatif pada masyarakat dan generasi muda.

Salah satu upaya untuk menekan derasnya arus globalisasi dan untuk melestarikan budaya Indonesia adalah dengan pertunjukan yang mampu membuat masyarakat untuk cinta budaya, salah satunya melalui kegiatan budaya berupa wayang kulit.

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke-275, pemerintah desa Tumpuk menggelar Pertunjukkan Wayang Kulit, kamis malam (19/02/2020). Yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Tumpuk Kecamatan Bandar kabupaten Pacitan.

Pertunjukkan berlangsung sangat meriah terlihat padatnya penonton yang menyaksikan Wayang Kulit ini dengan mengahadirkan dalang Ki Anom Budi Carito serta pelawak Cak Bendol dan Yu Ciplek, dengan lakon “Wahyu Sandang Pangan”. Yang menyedot partisipasi masyarakat Desa Tumpuk dan sekitarnya.

Kepala Desa Tumpuk Harjito menyampaikan, dengan penyelenggaran seni budaya wayang kulit ini kita semua dapat membuktikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat desa Tumpuk dan umumnya diharapkan bisa merekatkan serta memupuk hubungan antara masyarakat maupun generasi muda khususnya untuk mencintai budaya nenek moyang yang adiluhung sebagai pemersatu bangsa,” tuturnya saat menyampaikan sambutan.

Atas nama Pemerintah Desa Tumpuk, saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk bersatu padu, bahu membahu memperjuangkan desa kita tercinta menjadi lebih baik lagi”.ujar Harjito
(Son/Yud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here