Gerakan Penghijauan, Polres Bangka Barat Tanam 1500 Mangrove

1
152

Bangka Barat, Sinar Pos

Kapolres Bangka Barat AKBP Dr. Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK, MH bersama unsur Forkompinda menanam pohon mangrove secara simbolis di kawasan pesisir pantai Iklim, Kp.Teluk rubiah , Kecamatan Muntok , Jumat (21/2/2020)

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kawasan pesisir pantai Iklim Kp,teluk rubiah , jajaran Polres Bangka Barat bersama unsur Forkompinda melaksanakan penanaman pohon mangrove sebanyak 1500 batang yang bertempat di kawasan pesisir pantai Iklim, Kp.Teluk rubiah , Kecamatan Muntok, kabupaten Bangka Barat.

Kapolres Bangka Barat AKBP Dr. Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK, MH usai menanam pohon mangrove bersama dengan unsur Forkompinda lainnya, mengatakan, penanaman mangrove ini salah satunya untuk mengatasi abrasi, kekeringan dan pemanasan global di pesisir pantai.

Maka dari itu, perlu komitmen bersama untuk melakukan penghijauan agar dapat mengatasi abrasi pantai. Dengan Upaya yang dilakukan yakni dengan menanam dan pemeliharaan pohon. “Dengan demikian, penanaman pohon perlu kita lakukan,” kata Kapolres Bangka Barat AKBP Dr. Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK, MH dihadapan para tamu undangan yang hadir .

Menurut Kapolres Bangka Barat, dengan kegiatan ini akan bermanfaat untuk anak cucu kita nanti . Selain itu pohon juga bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan yaitu mengatur tata air dan menyuburkan tanah.

Akar mangrove yang kokoh ini mampu menahan abrasi dan tempat berkembangnya habitat hewan air seperti ikan, kepiting, udang, kerang dan habitat lainnya. Dengan demikian sudah barang tentu dapat meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat di kawasan pesisir.

Disamping upaya dengan memperbanyak pohon dan tanam-tanaman serta melertarikan hutan. “Mari kita terus pelihara lingkungan hidup dengan melakukan gaya hidup hijau (go green) dan ramah lingkungan agar kita hidup sehat ,” tutur Kapolres Bangka Barat menambahkan.

Lebih lanjut, Kapolres Bangka Barat mengemukakan bahwa kegiatan penghijauan ini bukanlah untuk kali ini saja, bahkan bisa berkelanjutan. Untuk seribuan lebih pohon mangrove yang sudah tertanam akan terus dipantau perkembangannya.

“nanti akan dcek lagi pohon pohon yang baru di tanamyng miring” pohonnya, akan di luruskan . Untuk itu, saya mengajak semua pihak mari sama-sama kita lestarikan lingkungan kita dengan melakukan penghijauan,” pungkasnya.(RR)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here