TANGGUL JEBOL, 50 HEKTAR TANAMAN PADI TERENDAM BANJIR

0
94

 

FOTO:Intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten Tuban beberapa hari terakhir, menyebabkan tanggul sungai avur jebol.

TUBAN|SINARPOS.CO.ID– Banjir akibat jebolnya sungai avur di Desa Pucangan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, merendam jalan dan kawasan pemukiman serta areal persawahan.

Banjir yang datang tiba-tiba membuat warga panik, sehingga mereka keluar rumah untuk melihat kondisi sungai. Warga juga berusaha membersihkan sampah yang ada di bawah jembatan, yang menyumbat aliran air sungai.(19/02/2020)

Banjir terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir. Kondisi tersebut menyebabkan debit sungai avur meningakat drastis. Akibatnya, tanggul sungai tidak mampu menahan derasnya air, sehingga tanggul jebol dan merendam area persawahan.

“Selain merendam jalan dan pemukiman, sedikitnya 50 hektar tanaman padi yang baru ditanam juga terendam banjir,” kata Zaneal warga setempat.

Untuk menghindari kerugian, sebagian petani berusaha menyelamatkan bibit padi yang belum tertanam agar tidak hanyut terbawa arus. Sehingga pada saat banjir surut nanti, bibit hasil persemian itu, dapat ditanam kembali. Paska banjir, warga membersihkan lumpur yang mengendap di rumah mereka.

Sementara itu, Masnun petugas dari Taruna Siaga Bencana Kabupaten Tuban, menyampaikan, jebolnya 2 titik tanggul sungai avur karena tingginya curah hujan. Sehingga sungai avur tidak mampu menahan debit air (ANDIKPRASTYO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here