BNNK TUBAN TES URINE BUPATI DAN PEGAWAI PEMKAB

0
55

TUBAN|SINARPOS.CO.ID- Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tuban, menggelar tes urine di kantor pemerintah kabupaten setempat. Tes urine dilakukan untuk deteksi serta pencegahan dini peredaran narkoba. Hasilnya, 62 ASN terdeteksi mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, karena penyakit yang sudah menahun Selasa(18-02-2020).

Sebanyak 125 Pegawai Pemkab Tuban, satu persatu dites urine oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tuban. Tes urine ini dilakukan terhadap bupati serta pegawai eselon 2 dan 3.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan peredaran narkotika, di kalangan pegawai pemerintah yang aktif menjalankan roda pemerintahan.
Satu persatu pegawai mengambil cup untuk tes urine, dan diawali oleh Bupati Tuban, Fathul Huda, serta Sekretaris Daerah. Selanjutnya, secara bergiliran pegawai masuk kamar mandi dengan dijaga ketat oleh petugas BNNK.

Selain pegawai laki-laki, tes urine juga menyasar pegawai perempuan. Urine yang telah disetorkan kepada tim BNNK, langsung dilakukan pengujian, menggunakan alat khusus. Kurang dari 1 menit hasil tes sudah bisa diketahui.

AKBP I Made Arjana menyampaikan, sidak tes urine pegawai Pemkab ini, sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini peredaran narkotika dilingkup pemerintah. “Hasilnya, dari 125 pegawai eselon 2 dan 3, ada 60 pegawai yang terdekti mengkonsumsi obat resep dokter, lantaran penyakit yang menahun, salah satunya penyakit jantung,” kata AKBP I Made Arjana.

Menanggapi kegiatan ini, Bupati Tuban Fathul Huda, mengatakan sangat mendukung program BNNK ini, karena sebagai aparat pemerintah, harus bersih dan bebas narkoba.

Namun, apabila dalam tes urine, ada pegawai Pemkab yang positif mengkonsumsi narkoba, maka sesuai aturan hukum yang berlaku akan diproses, bila perlu akan dipecat.

Untuk pegawai yang sedang dinas luar kota atau belum hadir dalam tes urine ini, akan dilakukan tes urine di Kantor BNNK Tuban.(Zamroni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here