Kanit Binmas Polsek Gondang Bantu Tolong Ibu Melahirkan Dipinggir Jalan

0
39

Bojonegoro, sinarpos.co.id – Spontan dan Sigap, itulah yang dirasakan oleh Kanit Binmas Polsek Gondang Ipda BJ. Handoko saat melihat ibu – ibu yang sedang hamil dan akan melahirkan di tengah jalan seorang diri yang hendak menuju ke Puskesmas Gondang pada hari Jum’at (06/12/2019) pagi tadi seusai melaksanakan pengaturan pagi di Pertigaan Terminal Betek Desa Gondang dan akan kembali menuju Mapolsek Gondang untuk mengikuti apel pagi. Adapun identitas emak emak yang sudah dalam keadaan terkapar di pinggir jalan dan hendak melahirkan seorang bayi yaitu Astri Sulistyoningsih (32) warga RT 28 RW 07 Dusun Puguhrejo Desa/Kecamatan gondang.

Kepada media ini, Ipda BJ. Handoko saat ditemui di tempat kerjanya mengatakan bahwa aksi kemanusian yang beliau lakukan merupakan bentuk rasa tanggap dan rasa kemanusian melihat ibu – ibu yang terkapar seorang diri di jalan hutan Nglamur Dekat Makam Dusun Betek Desa Gondang dan akan melahirkan seorang bayi.

Ketika itu, Ipda BJ. Handoko menceritkan bahwa aksinya dilakukan saat selesai melaksanakan Protap Sapa Pagi di Pertigaan Betek dan kembali ke Mako Polsek Gondang untuk melaksanakan apel pagi. Saat perjalanan menuju ke Kantor, ditengah perjalanan menemui seorang perempuan yang terkapar seorang diri di jalan Hutan tidak jauh dari jalan PUK Gondang, yang kemudian dihampiri oleh Kanit Binmas ternyata sedang melahirkan.

“Melihat posisi kepala bayi sudah keluar dari rahim, rasa kemanusianpun muncul untuk langsung memberikan pertolongan kepada emak – emak tersebut”, ucap Ipda BJ. Handoto menceritakan kejian yang beliau rasakan.

Melihat posisi Kepala Bayi sudah keluar dan belum ada pertolongan medis dan warga yang melihat kejadian di TKP tidak berani mengambil tindakan, atas dorongan kemanusiaan Kanit Binmas melaksanakan tindakan diskresi Kepolisian dengan membantu memegangi kepala bayi yang sudah keluar. Selang 5 menit Bidan Puskesmas Gondang melintas dan langsung ikut membantu persalinan di tempat itu juga.

“Alhamdulillah selang 10 menit kemudian Pusling Gondang tiba dan ikut membantu proses persalinan darurat dan selanjutnya ibu dan bayi yang baru dilahirkan dibawa ke Puskesmas Gondang untuk dilakukan tindakan medis berikutnya”, terang Ipda BJ. Handoko menambahkan.

Sementara itu, Kapolsek Gondang IPTU Berthon Silalahi yang pada saat kejadian Melaksanakan Vidcon di Mapolsek Temayang mengisntruksikan dan mengapresiasi kepada kepada Anggotanya yang telah senantiasa dentan cepat dan tanggap dalam melayani masyarakat saat sedang membutuhkan pertolongan.

“Saya sebagai Pimpinan langsung di Polsek Gondang, sangat mengapresiasi atas aksi cepat dan tanggap yang telah ditunjukkan oleh anggota kami dilapangan. Jangan setengah – setengah harus tuntas dalam melayani Masyarakat, laksanakan dengan semangat dan Ikhlas”, tutur Kapolsek yang memberikan apresiasi terhadap aksi anggotanya.

(Zamroni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here