PELATIHAN ANEKA OLAHAN KRIPIK OLEH DISPERINDAG NGAWI

0
94

Ngawi, Sinar Pos

Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja(Disperindag) Ngawi melalui Bidang Perindustrian menggelar pelatihan Aneka Kripik di Balai Desa Pandean Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi pada oktober bulan lalu tahun 2019.
Kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari ibu ibu desa Pandean ke camatan Karanganyar Ngawi.selama pelatihan peserta dipandu oleh instruktur Sriyono (BMT) dari desa pucangan Ngrambe.Anggaran kegiatan ini berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai (DBHC) tahun 2019.

Kepala Disperindag Ngawi Yusuf Rosyadi melalui Kepala Bidang Perindustrian Sri Wiyanti mengatakan pelatihan ini diberikan untuk menumbuh kembangkan wira usaha baru juga mengembangkan industri makanan yang telah ada di desa pandean,yang mana didesa tersebut bahan baku untuk pengembangan makanan aneka kripik sangat berlimpah dan harganya sangat murah.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memanfaatkan potensi desa sebagai bahan bakunya.dengan kata lain melakukan pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki oleh desa pandean.sekaligus untuk mendukung program pemerintah daerah berupa wisata dan aneka jajanan khas Ngawi”,katanya.
Menurut Sriyono selaku instruktur kegiatan pelatihan ini mengatakan bahwa semua yang ada disekitar kita bisa kita manfaatkan menjadi olahan aneka kripik diantaranya kripik singkong,kripik tempe,kripik tales dan masih banyak lagi karena semua itu bahanya mudah didapat didesa pandean.

Sri Wiyanti berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan nilai jual dari produk yang di olah ini,sehingga kedepanya lebih maju dan berkembang baik dalam bidang produksi maupun keanekaragaman usahanya.

“Yang terpenting lagi untuk menambah lapangan pekerjaan baik warga sekitar maupun orang lain sehingga kedepan bisa mandiri dalam berwirausaha.Dengan demikian ekonomi masyarakat bisa meningkat dan kesejahteraan masyarakat juga akan semakin baik,”tutupnya.(Adv.No3r)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here