PEMBUKAAN MPLS DAN PENYERAHAN TARUNA TARUNI SMA NEGERI 2 BHAYANGKARA

0
174

Banyuwangi,- Sinar Pos

Pembukaan SMA NEGERI 2 TARUNA BHAYANGKARA di Hotel AJM Sabtu (13/7/2019).

Dihadiri wakapolres Banyuwangi
Kompol Andi Yuda Pranata, SH.Sik.MSi.
kadis pendidikan propinsi yang diwakili
Drs, Istu Handono.M.Pd
Polda Jatim serta muspika, polsek, koramil setempat.

Sekolah Menengah Atas, SMA Negeri 2 Pandan kecamatan Genteng yang dulu pernah menjadi Sekolah Rintisan Internasional. SKS sistim satuan kredit semester harus ada kartu rencana studi, hasil sekolah berupa kartu hasil studi.

Kemudian tahun 2019 kembali menjadi sekolah reguler dan mulai tahun pelajaran 2018/2019 ini menjadi SMAN 2 Taruna Bhayangkara Genteng.

Dengan dijadikannya SMAN 2 Taruna Bhayangkara Genteng ini berawal dari keluarnya undang-undang yang mengatur bahwa kewenangan pengelolaan SMA/SMK dilimpahkan ke pemerintah propinsi pada tahun 2014.

SMA NEGERI 2 BHAYANGKARA GENTENG bekerjasama dengan Polri
SMAN 2 Taruna Bhayangkara Genteng.

Kepala sekolah Drs. Yaseni, M.Pd menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh taruna dan taruni sma negeri 2 taruna bhayangkara Genteng

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Penerimaan siswa taruna dan TARUNI sebanyak 200 siswa taruna 127 dan 73 taruni SMAN 2 Taruna Bhayangkara mulai mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Di hari pertama MPLS ini.

Wakapolres Banyuwangi
Kompol Andi Yudq Pranata, SH.Sik.M.Si mengucapkan selamat atas dibukanya SMA NEGERI 2 TARUNA BHAYANGKARA
setelah melalui survey di berbagai aspek, SMAN 2 BHAYANGKARA dinilai yang paling memungkinkan untuk menjadi sekolah Taruna dibanding sekolah-sekolah yang lain.

Terkait hal itu, menghimbau agar MPLS dan penyerahan taruna taruni sma negeri 2 Bhayangkara dilakukan dengan tujuan mengenali potensi diri peserta didik baru untuk mengenal,  beradaptasi  dan  menyatu  dengan sekolah dan lingkungan sekolah.

Di harapkan MPLS dapat menumbuhkan   perilaku   positif   dengan   penguatan   pendidikan   karakter di antaranya nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, cinta tanah air, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab.” Ungkapnya.

Kancab dinas pendidikan propinsi jatim Drs. Istu Handono M.Pd
Menyampaikan dalam Pembukaan serta yel-yel SMA TARUNA Yes.. dengan Motto cerdas tangkas hebat dan bermartabat.

masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMAN 2 TARUNA BHAYANGKARA. Dinas Pendidikan telah menetapkan Senin, 15 Juli 2019, sebagai hari pertama masuk sekolah.

Lebih lanjut Drs.ISTU HANDONO M.Pd juga mengajak pihak sekolah agar kegiatan MPLS dijadikan sarana untuk menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru.karena SMA NEGERI 2 TARUNA BHAYANGKARA sudah diresmikan.

Dipilihnya SMAN 2 BHAYANGKARA menjadi sekolah taruna  atas pertimbangan antara lain SDM yang cukup dan sarana prasarana sudah memadai.
Nota Kesepahamannya ditanda tangani pada tanggal 22 maret 2019 di grahadi Surabaya.

Drs. Istu Handoyo M.Pd ketika ditemui Media Sinar Pos disela-sela santainya mengatakan bahwa SMA Taruna Bhayangkara ini adalah salah satu bagian dari proses pembinaan kesiswaan dan pengembangan karakter.

Tujuanya ingin membentuk mentalitas anak-anak tapi esensinya untuk membina sehingga bisa mempunyai karakter ,sikap, kepribadian,integritas,tidak hanya sekolah saja. Tapi mereka akan tau bagaimana jati diri seorang pelajar.

Drs. ISTU HANDONO, M.Pd akan menepis anggapan masyarakat bahwa berdirinya SMA TARUNA BHAYANGKARA ini ingin mencetak calon” anggota kepolisian itu TIDAK BENAR…

Tapi yang BENAR adalah untuk mencetak generasi yang UNGGUL dengan kepribadian yang unggul dan suatu waktu bila mereka ingin masuk jadi anggota kepolisian.

Karena kita di Banyuwangi bersinergi dengan kepolisian disamping itu kita punya sarana dan prasarana serta infrastruktur yang cukup .

Untuk SMA Bhayangkara di Jawa Timur ada tiga sekolah diantaranya SMA TARUNA NALA, SMA TARUNA ANGKASA. SMA TARUNA BHAYANGKARA .

Di SMA TARUNA BHAYANGKARA ini untuk menggaet proses pendidikan di Banyuwangi sehingga mempunyai legesi agar Banyuwangi ini mempunyai keunikkan

SMA TARUNA BHAYANGKARA ini tidak menggunakan sistem Zonasi,maka taruna taruninya berasal dari seluruh nusantara karena memang ada Porsi-porsinya.

Porsi terbesar untuk masyarakat Banyuwangi, Porsi Jawa Timur serta porsi seluruh Nusantara.

Harapanya agar semua pihak memberikan dukungan serta bersinergis sesuai dengan bidang-bidangnya dan mengkritisi pula ada hal-hal yang kurang baik.” Ungkapnya.( Haris )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here