Jambret Asal Juwet Diringkus Resmob Unit 1 Polres Jombang

0
494

Jombang, Sinar Pos

Berhati-hatilah membawa barang bawaan anda dalam berkendara motor. Terutama bagi pengendara perempuan, karena sering menjadi sasaran pelaku tindak pencurian dengan kekerasan (Jambret).

Seperti yang terjadi pada Nilam Himmatul Ulya (19) asal Jalan Pattimura 10, Rt/Rw. 01/06, Kelurahan Jombatan, Kecamatan/Kabupaten Jombang ini menjadi korban sasaran pelaku tindak pencurian dengan kekerasan (Jambret) pada (10/05/2019).

Awalnya korban keluar dari rumahnya hendak menjemput temannya dijalan Kemuning, Desa Candimulyo, Kecamatan/ Kabupaten Jombang. Setibanya di TKP (Tempat Kejadian Perkara), korban mengeluarkan HP OPPO A3S warna ungu dan seketika itu juga pelaku/tersangka berinisial DN dengam menaiki motor VEGA langsung merampas HP yang ada di tangan korban. Kemudian korban berteriak minta tolong, namun saat itu jalan dalam keadaan sepi sehingga atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian materiil sebesar Rp. 1.900.000 (satu juta sembilan ratus ribu rupiah). Kemudian korban melaporkan ke SPKT Polsek Jombang.

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP. Azi Pratas Guspitu, SH, SIK dalam keterangannya mengatakan,”menindak lanjuti laporan korban tentang adanya peristiwa pencurian dengan kekerasan (JAMBRET) tersebut, anggota Resmob unit I Polres Jombang melakukan penyelidikan yang akurat dan mengetahui keberadaan pelaku berinisial LHR alias Doni (34), asal Dusun Juwet, Desa Kesunglosari, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

Kemudian pada hari Minggu (23/06/2019) sekira jam 13.00 wib, pelaku dapat ditangkap di Dusun Juwet, Desa Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang dan tersangka mengakui perbuatannya bahwa pelaku benar telah melakukan pencurian dengan kekerasan (Jambret) terhadap korban Nilam Himmatul Ulya dijalan Kemuning, Desa Candimulyo, Kecamatan/ Kabupaten Jombang dan berhasil mengambil 1 buah HP OPPO A3S warna Ungu dan tersangka memberikan HP tersebut untuk digunakan oleh istri Tersangka sendiri,”ungkapnya

“Modus tersangka mengendarai sepeda motor Yamaha VEGA ZR warna biru Tahun 2010 Nopol. : L-5507-HD, Noka : MH35D9001AJ448480, Nosin : 5D9448531. Kemudian berkeliling seputaran jalan-jalan didalam Kota Jombang untuk mencari sasaran pengendara motor (terutama pengendara perempuan) dan saat ada korban yang lengah/menaruh HP di dasbok motor/menenteng tas/menggunakan HP sambil berkendara, maka tersangka langsung merampas HP korban seketika itu juga. Kemudian tersangka lari dengan menggunakan motornya (dengan kecepatan tinggi) selanjutkan tersangka menjual HP hasil jambret tersebut dan sebagian HP hasil Jambret digunakan sendiri oleh tersangka dan istri tersangka,” imbuhnya.

AKP. Azi Pratas Guspitu juga menambahkan,”tersangka dalam melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Jambret) dilakukan sendirian dan telah melakukan di beberapa TKP wilayah hukum Polres Jombang antara lain :
tanggal (10/05/2019) jam 20.30 wib TKP Jalan Kemuning, Desa Candimulyo, Kecamatan/Kabupaten Jombang korban Nilam Himmatul Ulya, pelaku berhasil merampas 1 satu unit HP Merk OPPO A3S waena Ungu.

tanggal (02/02/2019) jam 13.05,
TKP Jln. Hos Cokroaminoto, Kelurahan Jombatan, Kecamatan/Kabupaten Jombang dengan mendapat hasil 1 buah Lap Top Merk HP, 1 buah HP merk XiAOMI type NOTE 4 warna putih silver.
TKP Jalan Laksda Adi Sucipto, Desa Sambong, Kecamatan/Kabupaten Jombang sekitar bulan April sekira jam 13.00 wib melakukan pencurian dengan kekerasan/Jambret kepada pengendara motor perempuan dan mendapatkan hasil berupa 1 buah HP OPPO F7 warna Hitam (LP sementara dlm penelusuran).
TKP Jalan Desa Dapurkejambon, sekitar bulan April jam 17.00 wib (belakang Kantor Sat Lantas) melakukan pencurian dengan kekerasan/Jambret terhadap korban perempuan pengendara sepeda motor dan mendapatkan hasil 1 buah dompet (isinya pelaku/tersangka lupa).
TKP Jalan Desa Plandi, sekira bulan April jam 06.00 wib tersangka melakukan pencurian dengan kekerasan/Jambret terhadap seorang perempuan yang mengendarai sepeda motor dan mendapatkan hasil 1 buah tas (isinya pelaku/tersangka lupa).
TKP Jalan Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang sekira bulan Mei 2019 sekira jam 18.00 melakukan pencurian dengan kekerasan/jambret terhadap korban seorang perempuan yang mengendarai sepeda motor dan mendapat hasil 1 tas yang berisikan dompet dan sebuah HP Mitto (LP sementara dalam penelusuran).
TKP Jalan Raya Desa Sengon, Kecamatan/Kabupaten Jombang sekira bulan Maret 2019 jam 16.00 wib melakukan pencurian dengan kekerasan/Jambret terhadap seorang perempuan yang sedang mengendarai sepeda motor dan berhasil mendapatkan BB berupa 1 buah dompet (isinya pelaku lupa).

TKP Jalan Raya Kapten Tendean (depan Perum Puloasri), Desa Pulo Lor Kecamatan/Kabupaten Jombang pada bulan Mei 2019 jam 19.00 wib tersangka melakukan pencurian dengan kekerasan/jambret terhadap seorang perempuan yang sedang mengendarai sepeda motor dan mendapatkan hasil berupa 1 buah dompet (isinya pelaku lupa).
TKP Jalan Panglima sudirman, Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang sekira bulan Maret 2019 jam 13.00 wib tersangka melakukan pencurian dengan kekerasan/jambret thd perempuan yang mengendarai sepeda motor dan mendapatkan hasil berupa 1 buah dompet (isinya pelaku lupa).
TKP di Jalan Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang sekira bulan Mei 2019 jam 17.00 wib tersangka melakukan pencurian dengan kekerasan/jambret terhadap seorang perempuan yang mengendarai sepesa motor dan mendapatkan BB berupa 1 buah tas berisikan 1 buah dompet, buku2 dan 1 unit HP merk Cross (LP sementara dalam penelusuran).

TKP Jalan Raya Tambakberas, Desa Tambakberas, Kecamatan/Kabupaten Jombang hari Minggu (22/06/2019) sekira 10.00 wib tersangka melakukan pencurian dengan kekerasan/Jambret berupa gelang emas terhadap seorang perempuan yang sedang mengendarai sepeda motor (LP sementara dalam penelusuran).
TKP Jalan Raya Gatot Subroto, Desa Mojongapit, Kecamatan/Kabupaten Jombang sekira bulan April 2019 jam 19.00 wib tersangka melakukan pencurian dengan kekerasan terhadap seorang perempuan yang sedang mengendarai sepeda motor dan berhasil merampas 1 buah tas yang berisikan dompet (isinya tersangka lupa),”rincinya.

“Selanjutnya tersangka dan barang bukti berupa : 1 (satu) unit HP Merk OPPO type A3S warna ungu (hasil Jambret), 1 (satu) unit sepeda motor Yamaha Vega ZR warna biru, tahun 2010, Nopol.: L-5507-HD, atas nama Stefanus Purwono alamat Warugunung, Rw.01 Rt.07, Kelurahan Warugunung, Kecamatan Karangpilang Surabaya (sarana jambret) dibawa ke Polres Jombang. Guna proses penyelidikan lebih lanjut, Pasal yang diterapkan terhadap tersangka adalah *Pencurian dengan kekerasan* yaitu dalam Pasal 365 ayat (1) dan ayat (2) ke 1e KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” pungkas AKP Azi Pratas Guspitu.
(rud/ff)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here