Forum Jurnalis dan Buka Bersama Komissioner KPPU RI Dan Pimpinan Kanwil IV KPPU

0
367

SURABAYA, SINAR POS – 16.05,19 – Kegiatan forum Jurnalis tersebut di hadiri oleh 6 komissioner KPPU RI, diantaranya Kurnia Toha, Ukay Karyadi, Chandra Setiawan, Kodrat Wibowo, Afif Hasbullah dan Harry Agustanto serta Sekjen KPPU, Charles Pandji Dewanto.

Ketua KPPU, Kurnia Toha menyampaikan pertimbangan perubahan Kantor perwakilan Daerah (KPD) menjadi kantor Wilayah (Kanwil) dilakukan guna mengantisipasi dinamika usaha yang terus berkembang secara cepat, baik di level nasional maupun daerah.


Persaingan yang sehat akan melahirkan pelaku usaha yang unggul. Sedangkan positioning KPPU terkait harga tiket pesawat KPPU mendukung penurunan tariff batas atas yang ditetapkan Menteri Perhubungan. Dengan penurunan tiket, ini diharapkan dapat memberikan insentif bagi konsumen maupun perekonomian ujar Kurnia.

Sementara itu Kepala Kanwil IV KPPU, Dendy R. Sutrisno mengatakan, Kanwil IV KPPU telah menerima enam laporan dengan tiga laporan baru, satu laporan naik ke tahap penyelidikan dan dua laporan dihentikan karena tidak lengkap. Kemudian terdapat lima perkra yang sedang berjalan di Kanwil IV KPPU, yaitu: 1. Dugaan Harga Freight Container (Uang Tambang) oleh Perusahaan Pelayaran Pada rute Surabaya Ambon. 2- Dugaan Kartel Garam Industri Aneka Pangan. 3- Dugaan Praktek Monopoli pelayanan Jasa Bongkar Muat Peti Kemas Pada Terminal Serbaguna /Konvensional/Umum (Multipurpose) Pelabuhan L. Say. Maumere NTT. 4 – Dugaan persekongkolan Tender Pekerjaan Pembangunan jalan dan Peningkatan jalan oleh Dinas PU dan Penataan Ruang Tahun 2017 di Kabupaten Kediri Jawa Timur. 5- Dugaan Persekongkolan Tender Pekerjaan Pemeliharaan berkala jalan oleh Dinas PU dan Penataan Ruang tahun 2017 di Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Kaitannya memasuki bulan suci Ranadhan Kanwil IV KPPU berperan aktif membantu Pemprov Jatim dalam mengendalikan harga bahan pangan melalui bergabungnya Kanwil IV dengan Satgas Pangan bersama POLDA Jatim/Disperindag Jatim serta menjadi anggota tim pengendali Inflasi daerah (TPID) Jatim. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here