Amankan Pemilu, Walikota Serahkan 2.137 Anggota

0
6

Kota Pekalongan, Sinar Pos
Guna mendukung jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang damai, lancar, dan bermartabat, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan menyiapkan 2.137 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk mendukung pengamanan pemilu. Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE melakukan serah terima kendali anggota satlinmas selama Pemilu 2019 kepada Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Ferry Sandi Sitepu pada Apel Siaga Penyerahan BKO di Lapangan Mataram Setda Kota Pekalongan, Rabu sore (10/4/2019).

Penyerahan kendali anggota sebanyak 2.137 ini nantinya akan ditempatkan di tempat di pos-pos pengamanan dengan rincian PAM TPS sebanyak 1.708 orang, PAM Kelurahan sebanyak 270 orang, PAM Kecamatan sebanyak 124 orang, dan PAM tingkat kota sebanyak 35 orang. Penyerahan satlinmas kepada Polres Pekalongan Kota ini untuk diberikan pembinaan dan keterampilan agar lebih profesional dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dalam pengamanan Pemilu 2019.

Hal ini diungkapkan Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE saat menjadi pembina apel. “Pesta demokari tahun 2019 akan segera dilaksanakan dengan harapan terjaganya kondusivitas lingkungan yang aman, nyaman, dan sukses tanpa kendala,” tutur Saelany.

Sesuai dengan undang-undang untuk kelancaran pelaksanaan pemilu, Pemerintah Kota Pekalongan bertugas memberikan bantuan dan fasilitas antara lain penugasan personil pengamanan pemilu dan membantu kelancaran transportasi logistik. “Pelibatan linmas adalah untuk penanganan ketentraman dan ketertiban lingkungan, kendati demikian satlinmas harus dibekali dan disiapkan untuk memelihara keamanan dan ketertiban serta kegiatan kemasyarakatan,” terang Saelany.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Ferry Sandi Sitepu mengungkapkan bahwa linmas di bawah kendali Walikota Pekalongan, dilakukan penyerahan ini dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 agar dapat diarahkan dan dibimbing dari Polres Pekalongan Kota. “Pada pelaksanaan pemilu nantinya akan kami sebar linmas di tiap-tiap TPS dua orang,” papar Ferry.

Ferry yakin anggota Satlinmas Kota Pekalongan sudah paham dengan tugas dan fungsinya, tentunya dapat mengamankan dan menangani permasalahan keamanan di Pemilu 2019. “Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Pekalongan, didukung dari TNI, Satpol PP, dan seluruh elemen untuk memelihara keamanan dalam Pemilu 2019 meskipun perhelatan Pemilu 2019 ini besar,” pungkas Ferry.(Rustianto/riki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here