Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan, Petugas Pemasyarakatan se-eks Karesidenan Pekalongan Donor Darah

0
41

Kota Pekalongan, Sinar Pos
Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55 yang jatuh pada 27 April 2019 mendatang, Rutan Kelas II A Kota Pekalongan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekalongan melaksanakan kegiatan donor darah di lantai 2 Rutan Kelas II A Kota Pekalongan, Jalan Rajawali No.1, Pekalongan, Jumat (15/3/2019).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Jawa Tengah, Marasidin Siregar yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini diikuti oleh petugas pemasyarakatan dari 6 Unit Pelaksana Teknis se-eks Karesidenan Pekalongan sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap sesama.

“Tentu tujuannya adalah rasa kesetiaan sosial kepada sodara-sodara kita yang membutuhkan darah yang mungkin sedang berbaring di Rumah Sakit,” kata Marasidin.

Ditambahkan Kepala Rutan Kelas II A Kota Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan, selain diikuti oleh petugas pemasyarakatan dari Rutan Kelas II A Kota Pekalongan, kegiatan ini diikuti oleh pegawai Bapas Kelas II, Rupbasan, Lapas kelas II A Kota Pekalongan, dan turut serta juga mendonorkan darah, Kepala Lapas Slawi, Agus Prakosa.

Kegiatan ini terselenggara sesuai dengan instruksi dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dibawah Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkuham RI).

“Dari Rutan Kelas II A Kota Pekalongan, yang ikut donor darah ada 15 orang kemungkinan masih bisa bertambah terus, kita kemarin data dari grup WhattsApp siapa saja yang ingin donor” ucap Anggit.

Dikatakan Anggit, selain kegiatan donor darah, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan juga akan diisi dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

“Kegiatan dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan itu sangat banyak sekali salah satunya donor darah, kemudian ada lomba-lomba kegiatan, penanaman pohon dan ada juga kegiatan yg dipusatkan di Nusa Kambangan,” terang Anggit.

Sementara itu, Aji Putra Prakoso selaku P2D2S (Penanggung Pelestari Donor Darah Sukarela) PMI Kota Pekalongan mengucapkan terimakasih kepada Rutan kelas II A Kota Pekalongan beserta seluruh jajara petugas pemasyarakatan se-eks Karesidenan Pekalongan yang telah bersedia mendonorkan darahnya.

“Dari Unit Donor Darah (UUD) PMI Kota Pekalongan sendiri sangat berterimakasih kepada Rutan Kelas II A Kota Pekalongan telah mengadakan kegiatan sosial untuk ikut membantu masyarakat alam mengumpulkan darah.

Pada kegiatan donor darah tersebut, terkumpul sebanyak 35 kantong darah yang diharapkan dapat dijadikan wujud nyata kepedulian sosial dan rasa solidaritas segenap petugas pemasyarakatan terhadap masyarakat dengan membantu ketersediaan cadangan darah segar dan sehat bagi yang membutuhkan melalui PMI Kota Pekalongan.(Rustianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here