Awali Kerjasama Berbagai Sektor, Tiga Daerah Tanda Tangani Perjanjian

0
35

Kota Pekalongan, Pemerintah Kota Pekalongan menyelenggarakan Workshop Kerjasama dan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Pekalongan dengan Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan Pemerintah Kabupaten Batang tentang Kerjasama Pembangunan Daerah di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Kamis (14/3/2019). Perjanjian kerjasama antar pemerintah daerah ini mengawali kerjasama di berbagai sektor dan bidang antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang.

Sebagai penyelenggara, Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE menekankan penandatangan perjanjian kesepakatan bersama ini yang terpenting adalah impikasi ke depannya. “Berbagai permasalahan seperti rob yang dialami di Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan dapat diselesaikan bersama, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Petanglong yang dibuat oleh Provinsi Jawa Tengah dapat dimanfaatkan secara bersama, serta upaya perbaikan sungai dan hal lainnya,” ungkap Saelany.

Menurut Saelany permasalahan ketiga daerah tidak bisa sendiri, tentu harus saling mendukung dan mendorong. Dengan penandatanganan kerjasama ini selanjutnya wujudnya akan bisa diimplementasikan atau dikerucutkan oleh OPD. “Misal permasalahan sampah atar dinas lingkungan hidup, masalah air dengan dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, dan masih banyak subtansi lain yang bisa untuk kerjasama,” tegas Saelany.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi SH. MSi menyampaikan bahwa hari ini tanda tangan kerjasama tiga daerah yang diselenggarakan oleh Kota Pekalongan. Tentu ini menjadi cara strategis untuk pemenuhan kebutuhan dan pelayanan masyarakat. “Isu lingkungan saat ini menarik untuk ditangani, Kabupaten Pekalongan sebagai daerah hulu harus lebih dahulu memperbaiki lingkungannya sehingga Kota Pekalongan sebagai daerah hilir tidak terdampak. Tak hanya itu kerjasama di bidang ekonomi juga harus kita dukung, saya yakin kerjasama tiga daerah ini dapat meningkatkna pertumbuhan ekonomi dan angka pengangguran dan kemiskinan,” tutur Asip.

Asisten Administrasi Sekda Kab Batang, Drs Ripyono MSi mewakili Bupati Batang mengaku pihaknya mendukung kerjasama tiga daerah ini karena tentu akan memberinkan pengaruh positif bagi sektor pembangunan daerah dan menyejahterakan masyarakatnya. “Kerjasama dengan Kota Pekalongan ini akan mendukung visi Kabupaten Batang untuk meningkatkan kunjungan pariwisata. Kerjasama lainnya untuk ke depannya bisa berupa pengamanan antar Satpol PP, antar dinas lingkungan hidup, dan perjanjian batas wilayah,” pungkas Ripyono.(Rustianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here