SLAMET BUDIYANTO GENJOT PEMBANGUNAN DINKES

0
48

Kota Pekalongan – Pembangunan kesehatan pada hakikatnya merupakan penyelenggaraan upaya kesehatan untuk mencapai kemampuan hidup sehat secara mandiri dengan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemerataan jangkauan pelayanan kesehatan.

Dalam upaya pemerataan jangkauan pelayanan kesehatan yang dititik beratkan pada pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan secara terpadu melalui Puskesmas, yang didukung dengan ketersediaan tenaga kesehatan yang berkualitas terutama untuk pelayanan masyarakat.

Sehingga dapat menekan menyebabkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), yang salah satu penyebabnya adalah terlambat dalam memperoleh pelayanan persalinan difasilitas kesehatan pada saat dalam keadaan emergensi yang dapat dicegah dengan melakukan persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan atas fasilitas kesehatan.

Fasilitas sarana medis dan para medis yang ada belum sepenuhnya memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dikarenakan belum tercukupinya ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana kesehatan yang memadai terutama di Pukesmas. Padahal, parameter Kualitas derajat kesehatan suatu daerah dapat dapat ditinjau dari kuantitas AKI dan AKB.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan dalam keterangannnya. Menjelaskan “ Oleh karenannya, pada pengelolaan anggaran pembangunan daerah pada tahun 2019, dinas kesehatan Kota pekalongan bertekad merampungkan pembangunan fasilitas puskesmas beserta melengkapi dengan poli persalinan, disamping memenuhi sarana perlengkapan medis dan alat kesehatannya “ Kata Slamet Budiyanto
Lebih lanjut Kadinkes, bersaran. Ketika tanggungjawab kualitas kesehatan masyarakat adalah menjadi milik bersama, yakni pemerintah dan masyarakat. Maka, dalam rangka menperlancar kegiatan bidang kesehatan berupa preventif, kuratif, dan promotif serta rehabilitatif untuk ini perlu sokongan dan dukungan dari masyarakat juga.(Riki Purdianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here