Mewujudkan Pelaksanaan Pengadaan Barang Dan Jasa Desa Yang Akuntabel Melalui Peningkatan Kapasitas TPK

0
31

Blitar, Sinar Pos

Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar Bagian Pengadaan menggelar Bimtek pengadaan Barang / Jasa desa di Kampung Coklat Jalan Banteng Blorok no. 18 Desa Plosorejo, Kademangan, Kabupaten Blitar, Selasa (12 /03). Kegiatan ini dihadiri para TPK di seluruh desa se-kabupaten Blitar bertujuan untuk meningkatkan SDM para pelaku pengadaan . Sehingga pelaksanaan pengadaan kedepannya bisa berjalan dengan baik , proposional , efisien dan kridibel .

Plt Kabag Layanan Pengadaan , Hendik Wijayadi mengatakan kegiatan ini hadiri 245 peserta, 220 peserta adalah TPK seluruh desa di Kabupaten Blitar, 22 peserta dari Kasi PMD di seluruh Kecamatan di Kabupaten Blitar , sebagian dari PUPR dan PU Permukiman, dari Layanan Pengadaan serta dari Bagian Hukum. Dia berharap acara yang digelar di Kampung Coklat , Jalan Banteng Blorok no. 18 desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan ini sangat bermanfaat bagi para peserta khususnya TPK yang menjadi ujung tombak pelayanan pengadaan barang / jasa didesa . Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada peserta dan menghasilkan barang serta jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan diukur dari aspek kualitas ,jumlah ,waktu,biaya,lokasi dan penyedia.

” Mumpung bisa ketemu langsung dengan Pak Sukadi, narasumber yang kridibel , diharapkan para peserta dapat bertanya langsung tentang permasalahan Pengadaan barang / jasa di pedesaan, ” ungkapnya.

Acara Bintek di Kampung Coklat ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, Drs. Mahadin, MM. Dalam sambutanya Mahadin mengatakan dengan digelarnya Bimtek dengan didukung Nara Sumber profesional serta berpengalaman di bidangnya diharapkan para peserta dapat memahami isi serta pelaksanaan tata nilai pengadaan sesuai peraturan Bupati Blitar, no 12 tahun 2015 pasal 4. Dia berpesan agar kegiatan ini bermanfaat dan membawa hasil yang bisa diaplikasikan dalam pelayanan barang dan jasa didesanya masing – masing.

” Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada peserta , khususnya TPK didesa dapat meningkatkan kualitas SDM untuk menjalankan tugasnya dengan benar dan bisa dipertanggung jawabkan, ” Tuturnya.

Sementara itu Sukadi, Nara sumber dari DPD IAPI Jawa Timur menyampaikan materi tentang Tata nilai Pengadaan, kelembagaan pengadaan barang / jasa didesa dan kegiatan pengadaan barang / jasa didesa melalui penyedia barang / jasa. Sukadi mengatakan selama ini sektor pengadaan selalu dianggap rentan terhadap terjadinya tindak pidana korupsi maupun penyelewengan anggaran. Oleh karena itu kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya permasalahan dalam proses pelaksanaan pengadaan barang / jasa didesa. Sukadi berharap melalui Bimtek ini hasil yang diharapkan benar-benar tepat sasaran dan dapat mendorong profesionalisme pada setiap pelaku pengadaan barang / jasa dalam menghasilkan produk yang memiliki manfaat sebesar – besarnya untuk masyarakat .

” Kami berharap kegiatan ini dapat memberi pemahaman para peserta khususnya para TPK agar lebih profesional. Sehingga pelaksanaan barang / jasa desa yang akuntabel melalui peningkatan kapasitas TPK , ” Jelasnya. (Har/Adv/ Humas ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here