Desa Tambahrejo Adakan Pendataan Tanah Secara Massal Melalui PTSL

0
94

Bojonegoro, Sinar Pos – Desa Tambahrejo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Telah diadakan pendataan tanah, sebagai mana seluruh bidang tanah akan dilakukan pendataan tanah secara massal, melalui program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap). dari BPN (Badan Pertanahan Nasional) Bojonegoro.

Program yang lagi Gencar dalam dua tahun terakhir mulai 2018 sampai dengan saat ini adalah Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang tengah digencarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) , hal ini tentunya akan mampu mendorong pergerakan dan kemajuan ekonomi masyarakat. Sebab, sertifikat yang dimiliki oleh masyarakat bisa menjadi barang berharga sebagai investasi dan berkekuatan hukum tetap.

Salah satu desa yang turut mengsukseskan program tersebut adalah Desa Tambahrejo Kecamatan Kanor , Bojonegoro. Desa tersebut pada tahun ini mendapat Kuota tanpa batas, dari Pendaftaran yang sudah dibuka jumlah yang masuk sebanyak kurang lebih 1000 bidang.

” Masyarakat yang mengikuti program PTSL pendaftaran tanah atau pembuatan sertifikat massal, bisa langsung datang ke kantor desa mendaftar ke pokmas PTSL, karena setiap hari ketua pokmas di kantor Desa.

Menurut Kades Yoyok Budianto saat ditemui menuturkan, ” program PTSL desa Tambahrejo sudah melalui berbagai tahap dan sesuai dengan aturan, “tuturnya saat ditemui media Rabu (07/3) dia juga mengatakan, PTSL merupakan program yang dilakukan untuk mengurangi sengketa di bidang pertanahan karena bidang tanah menjadi jelas dan pasti, baik data fisik maupun data yuridisnya.

“Ini juga untuk mewujudkan tertib administrasi pertanahan sebagaimana program catur tertib pertanahan, yaitu tertib hukum, tertib administrasi, tertib penggunaan, serta tertib pemeliharaan dan lingkungan hidup,” Tutur Pak Kades Yoyok Budianto saat ditemui. pada hari kamis (07/03/2019)

Pokmas PTSL, Sunarto juga mengatakan, Antusiasme masyarakat cukup tinggi dalam menyambut program PTSL BPN ini, kita juga wakil dari pemerintahan desa sudah mensosialisasikan program PTSL ini kemasyarakat, dengan cara memberikan musyawarah langsung dan disampaikan lewat RT, karena mengingat RT adalah sebagai ujung tombak terdepan, serta sudah sampaikan pada Sosialisasi pada Masyarakat. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here