PAN Gelar Forum Pikiran Akal Dan Nalar

0
58

SURABAYA, SINAR POS – Forum Pikiran Akal dan Nalar di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya Selasa (05.03.19) acara yang digelar PAN bekerja sama dengan lembaga survey polmark Indonesia.

Survey Polmark dilakukan pada kurun waktu Oktober 2018 hingga Februari 2019, amenurut Eep survey itu merupakan kerjasama polmark dengan Partai Amanat Nasional (PAN), Polmark merupakan satu-satunya lembaga survey di Indonesia yang bekerjasama dengan siapa, survey dilakukan di 73 Dapil Pemilu 2019 seluruh Indonesia dengan responden sebanyak 35.000.

Dikatakan Eep pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin memang masih unggul disbanding lawannya pasangan 02 Prabowo-Sandiaga Uno yang memperoleh 25,8 persen. Masih ada 33,8 persen yang belum menentukan pilihan. Dengan elektabilitas 40.4 persen ini sangat rawan bagi Jokowi. “Berdasar pengalaman saya melakukan survey di pilpres maupun pilkada selama 10 tahun. Jika elektabilitas petahana jauh dibawah 50 persen, menunjukkan dia dihukum oleh rakyat” katanya.

Seharusnya elektabilitas petahana tinggi karena dia sudah kampanye selama 4 tahun dengan bekerja, Indikator Jokowi sangat rawan juga kata eep, bisa dilihat dari kesetiaan pemilih. Pemilih Jokowi yang sudah mantap atau tidak berpindah hanya 31.5 persen sedangkan pemilih 02 yang mantap 33,8 persen. Artinya, sebenarnya ada pemilih yang masih diperebutkan sebesar 48.0 persen pungkas Eep. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here