Dusun Pelinggian Antirogo Menikmati Manfaat Air Bersih Sumur Bor

0
86

Sinar Pos, Jember

Pemerintah berupaya sumur bor yang baru kemarin diresmikan ,Selasa 12/2/19 di Dusun Sumberpakem, Desa Silo, Kecamatan Silo, sudah bisa dinikmati oleh warga setempat, khususnya , sekolah-sekolah yang ada di sekitar proyek sumur bor.

Proyek yang berasal dari kementrian ESDM itu jadi berkah warga. Bagai mana tidak, warga yang domisili kemarau selalu kesulitan air, kini bisa bernafas lega. Mereka tidak perlu lagi cari air dengan biaya tinggi.

Lurah Antirogo, Jaka Permana Jaya kepada media ini diruang kerjanya, Rabu,13/2 mengatakan kalau wilayahnya sebagai salah satu penerima manfaat dari total 12 titik. Dari proyek tersebut masyarakat akan menerima manfaat.
” Jadi program Pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kementrian ESDM, sangat luar biasa sekali. Bahkan azas manfaatnya sangat dirasakan masyarakat setempat. Selain itu proyek ini berdiri di atas tanah Negara kalau tidak akan menimbulkan persoalan baru dimasyarakat Antirogo.” Ujar Alumni IPDN ini.

Masih lanjut dia , selama musim kemarau warganya selalu kesulitan air, bahkan untuk urusan mandi harus menuju tempat yang jauh. Dengan diresmikannya sumur bor ini jadi meringankan warga dikemudian hari .
” Sebelumnya banyak warga yang mandi di sungai, mencuci, dan lain sebagainya . Dengan adanya bantuan Pemerintah ini diharapkan warga tak lagi mandi dan mencuci di sungai lagi. Memang kalau musim hujan seperti saat ini air melimpah , jadi warga masih banyak mandi sungai. Tetapi apabila musim kemarau warga tetap mandi di sumur bor ini.” Tambah Jaka Permana.

Pihaknya berharap agar untuk biaya operasional BBM dapat dikordinasikan dengan dinas terkait, kalau Desa mungkin masih bisa ada sumber dana dari ADD atau DD. Namun kalau Kelurahan ini yang harus dicarikan solusinya.

“Yang membuatnya senang sumur bor itu banyak bermanfaat bagi sekolah sekolah yang di lokasi sumur bor , jadi yang kami pikirkan saat ini adalah cos untuk operasional BBM atau solar . Memang sebelumnya ada komunitas pengguna air memasang kaleng amal sekedarnya , namun akhirnya warga tidak ada lagi yang memasukkan pada kotak amal tersebut.” Pungkas Lurah Antirogo.( Bas/ Rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here