DISETUJUI, RAPERDA TANGGUNGJAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN PEMBENTUKAN PERUSAHAAN UMUM DAERAH  

0
41

KAJEN, SINAR POS

Pemkab Pekalongan setujui raperda pembentukan perusahaan umum daerah Kajen Berkah Infestama. Dengan adanya Kajen Berkah Infestama diharapkan bisa menjadi pemicu perekonomian Kota Santri.

Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si menuturkan, pemerintah akan membuka berbagai bidang baik pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan, pertambangan, sumber energi, properti perdagangan, pariwisata dan investasi.

“Semoga dengan adanya perusahaan umum daerah bisa berdampak langsung pada perekonomian Kabupaten Pekalongan,” katanya dalam rapat paripurna persetujuan bersama di Gedung DPRD Kabupaten Pekalongan, Senin (11/2/2019) siang.

Bupati Asip meminta dinas terkait memetakan potensi dan aset yang dimiliki Kabupaten Pekalongan dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “Untuk permulaan nanti akan kami bangun usaha pembuatan malam yang digunakan sebagai bahan batik, karena melihat potensi penggunaan malam yang mencapai ribuan ton setiap harinya,” jelasnya.

Adapun dipaparkan Bupati Asip pembuatan malam ada di Kabupaten Pekalongan dan dimiliki oleh perorangan bukan BUMD. “Malam bisa menjadi potensi, begitu juga kain mori dimana kebutuhan setiap hari mencapai 2 juta yard. Jika Pemerintah Daerah bisa membangun dua usaha tersebut kami yakin pertumbuhan perekonomian akan mudah dicapai,” imbuhnya.

Terkait aset Pemkab Pekalongan, Asip menambahkan pendopo Kabupetan Pekalongan lama yang ada di Kota Pekalongan akan diubah fungsinya. “Kabupaten Pekalongan punya pendopo lama di Kota Pekalongan dengan luas 2,6 hektar, nanti juga akan dikelola BUMD untuk mendirikan Pekalongan Plaza atau Pekalongan Tower,” tambahnya.

Disamping menyetujui Raperda pembentukan perusahaan umum daerah Kajen Berkah Infestama, dalam rapat paripurna tersebut, Pemkab juga menyetujui Raperda tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan. Dan sebagai wujud persetujuan kedua Raperda, dilakukan penandatanganan oleh pihak eksekutif yang diwakili oleh Bupati dan oleh pihak legislatif yang diwakili oleh Ketua DPRD beserta para Wakil Ketua DPRD. Disaksikan oleh Wakil Bupati Ir. Hj. Arini Harimurti, para unsur Muspida, Sekda Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM., para anggota DPRD, para Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Pekalongan yang hadir. (Rustianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here