DANA DESA KABUPATEN PEKALONGAN MENINGKAT 14,1 PERSEN

0
58

PEKALONGAN , SINAR POS

Pemkab Pekalongan mendapat tambahan Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 31 miliar lebih. Adapun total dana desa yang dialokasikan untuk Pemkab Pekalongan pada 2019 sebesar Rp 259 miliar lebih.

Demikian disampaikan Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si saat menghadiri dan sekaligus membuka Sosialisasi Tata Cara Pembagian, Penetapan Rincian dan Penyaluran serta Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 di Aula lantai I Setda, Senin (11/2/2019) pagi.

Bupati menuturkan, anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 meningkat 14,1 persen dari tahun lalu. “Tahun 2018 Dana Desa mencapai Rp 227 miliar lebih, namun pada 2019 Kabupaten Pekalongan mendapat anggaran tambahan sebesar Rp 31 miliar lebih,” jelasnya.

Dengan besarnya anggaran Dana Desa, Bupati Asip berharap para Kepala Desa bisa mengakomodir pembangunan di desa masing-masing. “Mandat penting yang wajib diterapkan oleh pemerintah desa adalah mengurangi angka kemiskinan di desa menggunakan dana desa,” paparnya.

Menurut Bupati Asip, Pemerintah yang baik adalah Pemerintah yang bisa menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. “Pemerintah desa wajib hukumnya mendapingi dan melaporkan pengalokasian Dana Desa guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dan dapat dipercaya,” kata Asip.

Turut disinggungnya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian yang berunjung kesejahteraan. “Untuk itu kami ingin Pemerintah Desa memiliki daftar jangka penjang pembangunan desa baik terkait perekonomian ataupun pembangunan infrastruktur,” tambahnya.

Sosialisasi Dana Desa dihadiri oleh Ketua DPRD Dra. Hj. Hindun, MH yang sekaligus menjadi salah satu narasumber. Hadir pula Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pekalongan Hj. Endang Suwarningsih, Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, SH.,S.IK.,M.Si, perwakilan Kejaksaan Negeri Kajen, Sekda Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM beserta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dan diikuti oleh seluruh Camat, Kapolsek, Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Tim Fasilitasi Dana Desa se Kabupaten Pekalongan. Adapun sebagai narasumber, selain Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan adalah perwakilan Polres Pekalongan, Inspektorat, Kejari Kajen dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPM DP3A dan PPKB) Kabupaten Pekalongan. (Rustianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here